Pansel: 19 Polisi Daftar Pimpinan KPK

id 19 Polisi Daftar Pimpinan KPK

Jakarta, (Antara) - Juru bicara Panitia Seleksi Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (Pansel KPK) Betti Alisjahbana mengungkapkan tercatat ada 19 orang berasal dari Polri yang mendaftar calon pimpinan KPK.

"Polri 19, enam diantaranya purnawirawan," kata Betti dalam pesan singkatnya di Jakarta, Selasa.

Sedangkan profesi lain yang menarik, ungkap Betti, TNI ada empat pendaftar dan dua diantaranya purnawirawan. Jaksa sebanyak tiga, hakim sebanyak tiga, KPK dua dan wartawan empat pendaftar.

Dia mengungkapkan hingga Senin (29/6) sore pendaftar calon KPK mencapai 496 orang, 42 diantaranya Perempuan.

"Yang dokumennya sudah lengkap ada 217 pendaftar dan 64 hampir lengkap," katanya.

Betti mengatakan profesi terbanyak adalah pegawai negeri sipil (PNS) mencapai 78 pendaftar, diikuti dosen 72, advokat 71, pegawai swasta 59, pensiunan 42, wiraswasta 29, Polri 19, TNI ada 4, jaksa 3, hakim 3, KPK 2 dan wartawan 4.

Dia mengatakan pendaftaran akan diutup pada 3 Juli jam 12:00 siang, dan pengumuman nama-nama yang lolos seleksi administrasi akan dilaksanakan pada 4 Juli melalui press conference dan di situs www.setneg.go.id.

Sedangkan tanggapan masyarakat terhadap nama-nama yang lolos seleksi administrasi dibuka selama sebulan dari tanggal 4 Juli hingga 3 Agustus 2015.

"Kami akan sediakan halaman khusus di situs www.setneg.go.id untuk memberikan tanggapan.l," harapnya

Betty berharap semua tanggapan tersebut disertai dengan informasi/data pendukung.

"KPK milik kita, kita semua perlu berperan di dalam upaya mendapatkan calon pimpinan KPK terbaik," kata Betti Alisjahbana. (*)