Payakumbuh Bangun Lima Unit MCK Plus

id Payakumbuh

Payakumbuh, (Antara) - Pemerintah Kota (Pemkot) Payakumbuh Sumatera Barat (Sumbar), membangun lima unit fasilitas Mandi Cuci Kakus (MCK) Plus yang mana pengerjaannya dimulai Juli 2015.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Payakumbuh Marta Minanda di Payakumbuh, Selasa, mengatakan MCK Plus tersebut akan dibangun pada empat kelurahan dengan total anggaran Rp.1,62 miliar.

"Pembangunan itu merupakan program Sanitasi Lingkungan Berbasis Masyarakat (SLBM). Sebelum pengerjaannya dimuai diawali dengan pematangan perencanaan oleh keempat Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) itu," kata dia.

Ia menyebutkan kelurahan yang menjadi tempat pembangunan MCK Plus, diantaranya Balai Gadang dan Balai Cacang Kecamatan Payakumbuh Utara, Tiakar Kecamatan Payakumbuh Timur, Parik Rantang Payakumbuh Barat, dan Parik Muko Aia Kecamatan Lampasi Togo Nagari.

"Pembangunan untuk satu MCK Plus anggarannya Rp.325 juta," kata dia.

Ia menjelaskan, program SLBM itu sepenuhnya dilakukan KSM, untuk itu pihaknya akan akan melatih pengurusnya tentang pengelolaan dana pemerintah sebelum kegiatan fisik dikerjakan.

Pihaknya berharap peran serta masyarakat dalam menuntaskannya sehingga nilai bangunan melebihi dari dana tersedia. Untuk itu tanah untuk lokasinya disediakan masyarakat karena pemerintah tidak menyediakan dana buat pembebasannya.

Ia menyarankan agar MCK Plus itu dibangun bersebelahan atau dalam kawasan masjid sehingga dapat berfungsi untuk tempat berwuduk bagi jemaah serta pengelolaannya juga akan lebih mudah.

"Bangunan beberapa unit MCK plus sebelumnya dibangun dalam komplek masjid, dan perawatannya dapat dilakukan bersama oleh masayarakat," kata dia.

Salah seorang Warga Payakumbuh, Debi mengapresiasi pembangunan MCK Plus tersebut. Ia berharap dengan adanya pembangunan itu dapat mengubah kebiasaan masyarakat yang mandi, cuci, dan buang air besar di sembarang tempat seperti di pinggir sungai. (*)