Pemkab Pasaman Barat Targetkan Pesawat Besar Mendarat

id Pesawat Besar

Simpang Ampek, (Antara) - Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat (Sumbar) menargetkan pesawat jenis ATR dengan kapasitas penumpang 72 orang bisa mendarat di BandaraUdara Pusako Anak Nagari.

"Saat ini pesawat yang beroperasi baru pesawat Susi Air jenis Cesna berpenumpang 12 orang. Perbaikan tersebut tentunya akan dilakukan secara bertahap," kata Kadis Perhubungan Pasaman Barat, Bobby F Riza melalui Plt Kepala Bandara, Eva Wardi Putra di Simpang Ampek, Selasa.

Ia mengatakan pembenahan bandara itu akan sudah masuk dalam rencana teknis terinci pada 2015 ini. Rencana sudah diusulkan ke Dirjen Perhubungan di Jakarta.

Menurutnua diantara rencana pembenahan yang akan dilakukan adalah memperpanjang runway bandara dari 800 meter menjadi 1.400 meter.

Memperpanjang luas runway dari 18 meter menjadi 30 meter, ketebalan runway dari 15 centimeter menjadi 25 centimeter.

"Mudah-mudahan nantinya pengusulan rencana teknis terinci ini dapat dikabulkan oleh pihak pemerintah pusat,"harapnya.

Jika pengusulan dalam rencana teknis terinci itu bisa dikabulkan maka pesawat jenis ATR dengan kapasitas penumpang 72 orang akan bisa mendarat di bandara itu.

"Tentunya tim dari pemerintah pusat akan turun kelapangan melakukan survey nantinya dengan melakukan uji kelayakan,"katanya.

Selain itu pihaknya juga akan melakukan pengembangan bandara diantaranya pengembangan tower, pagar, penghubung antara runway dengan terminal (teksi way) dan memperluas apron (tempat parkir pesawat).

"Mudah-mudahan pengembangannya akan bisa dilaksanakan mulai 2016 nanti," katanya.

Saat ini penerbangan pesawat Susi Air terbang dua kali seminggu di minggu ganjil yakni setiap hari Selasa dan Kamis. Kemudian di minggu genap satu kali seminggu di hari Selasa.

"Selama ini peberbangan cukup lancar. Biaya atau ongkosnya dari Pasaman Barat ke Kota Padang hanya Rp197.500 dengan perjalanan sekitar 35 menit,"katanya. (*)