Pemkot Padang Ajak Masyarakat Berpastisipasi Dalam Pembangunan

id Berpastisipasi Dalam Pembangunan

Padang, (Antara) - Pemerintah Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar) mengajak masyarakat agar ikut berpartisipasi dalam pembangunan daerah, baik pembangunan fisik maupun mental dan keagamaan.

Hal ini diungkapkan Kepala Inspektorat Kota Padang, Andri Yulika yang menjadi wakil ketua tim enam safari Ramadhan saat mengunjungi Masjid Muklisin yang berada di Kelurahan Kampung Olo, Kecamatan Nanggalo Padang, Senin malam.

"Apa pun yang dilakukan Pemkot Padang tidak akan berhasil jika tidak bersama-sama dengan masyarakat," katanya.

Ia mengatakan, misalnya saja dalam pembangunan jalan, warga bisa melakukan gotong-royong. Pembangunan jalan tidak akan cepat berhasil jika hanya mengharapkan dari anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD), karena dana yang ada terbatas.

Selain itu, katanya setelah pembangunan jalan sudah terlaksana, masyarakat ikut berpartisipasi dan menjaga jalan tersebut, seperti mengawasi jalan yang seharusnya tidak boleh dilewati oleh truk.

"Jika ada truk yang melintasi jalan yang tidak boleh dilintasi, agar dilarang dan tidak dibiarkan," paparnya.

Ia juga menyebutkan, agar masyarakat selalu menjaga kebersihan dan serta membuang sampah pada tempatnya, karena saat ini tidak dibenarkan membakar sampah.

Camat Nanggalo, Hendra Mardhi juga mengimbau masyarakatnya agar selalu menjaga kebersihan, karena saat ini Kecamatan Nanggalo sudah menerapkan Lembaga Pengelolaan Sampah (LPS).

Ia menjelaskan, LPS di Kecamatan Naggalo juga sudah dilengkapi dengan becak motor. Jadi bagi kelurahan-kelurahan di Kecamatan Nanggalo yang membutuhkan becak motor, agar melapor.

"Jangan sampai ada warga Nanggalo yang membuang sampah ke sungai, karena hal tersebut akan mendapat hukuman tiga bulan kurungan," jelasnya. (*)