Pemkab Agam Gelar Operasi Pasar

id Agam, Operasi, Pasar

Lubuk Basung, (AntaraSumbar) - Pemerintah Kabupaten Agam, Sumatera Barat, akan menggelar operasi pasar daging, ayam, dan telur menjelang Idul Fitri 1436 Hijriah.

Sekretais Dinas Pertanian Tanaman Pangan Hortikultura dan Peternakan Kabupaten Agam Arief Restu didampingi Kepala Bidang Pengolahan dan Pemasaran Hasil Emrizal di Lubuk Basung, Selasa, mengatakan operasi pasar yang akan dilakukan untuk daging sebanyak 1.400 kilogram, ayam broiler sebanyak 1.400 ekor dan telur sebanyak 500 tikar.

Operasi pasar ini, tambahnya, akan dilakukan satu minggu menjelang Idul Fitri di Kecamatan Lubuk Basung dan Palembayan.

"Lokasi operasi pasar ini tergantung permintaan dari kecamatan yang memiliki jarak tempuh dari penghasil produk ini," katanya.

Ia menambahkan, setiap satu kilogram daging disubsidi pemerintah sebesar Rp10.000.

Untuk satu ekor ayam diberi subsidi sebesar Rp5.000 dan telur diberi subsidi sebesar Rp4.500 pertikar dengan jumlah 30 butir.

Subsidi ini, tambahnya, berasal dari Pemerintah Provinsi Sumbar dan Kabupaten Agam mendapatkan kuota sebanyak 1.400 kilogram daging sapi, sebanyak 1.400 ekor ayam dan sebanyak 500 tikar telur.

Pada Ramadhan 2014, Kabupaten Agam hanya mendapatkan kuota sebanyak 600 kilogram daging sapi.

Saat ini, harga daging sapi dipasaran sekitar Rp120.000 perkilogram, harga ayam sekitar Rp45.000 perekor dan harga telur ayam sekitar Rp32.000 pertikar.

Operasi pasar ini bertujuan untuk meringankan beban masyarakat untuk mendapatkan daging sapi, ayam dan telur menjelang Idul Fitri, karena saat itu harga kebutuhan ini akan mengalami kenaikan yang cukup tinggi.

"Semua warga akan mendapatkan subsidi asalkan mereka mendapatkan kupon dari panitia nantinya," katanya. (*)