Agam Miliki 4.080 Kader Posyandu

id Agam, Miliki, 4.080, Kader, Posyandu

Lubuk Basung, (AntaraSumbar) - Kabupaten Agam, Sumatera Barat, memiliki sebanyak 4.080 kader pos pelayanan terpadu (Posyandu) yang tersebar pada 22 Puskesmas di daerah itu.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Agam, Indra di Lubuk Basung, Selasa mengatakan, dari 4.080 kader Posyandu ini yang aktif sebanyak 3.265 orang dan tidak aktif sebanyak 820 orang.

"Mereka ini tidak melakukan aktivitas dalam membantu masyarakat untuk mendapatkan pelayanan kesehatan," katanya.

Ia menambahkan, ke 4.080 kader Posyandu berasal dari 820 unit Posyandu yang tersebar di 22 Puskesmas yang ada di Agam.

Ke 22 Puskesmas itu yakni, Puskesmas Tiku di Kecamatan Tanjung Raya, Puskesmas Lubuk Basung dan Puskesmas Manggopoh di Kecamatan Lubuk Basung, Puskesmas Bawan dan Puskesmas Batu Kambing di Kecamatan Ampek Nagari.

Lalu, Puskesmas Koto Alam dan Puskesmas Palembayan di Kecamatan Palembayan, Puskesmas Pasar Ahad dan Puskesmas Maninjau di Kecamatan Tanjung Raya, Puskesmas Matur di Kecamatan Matur.

Sementara itu, Puskesmas Ampek Koto di Kecamatan Ampek Koto, Puskesmas Malalak di Kecamatan Malalak, Puskesmas Padang Lua di Kecamatan Banuhampu, Puskesmas Sungai Pua di Kecamatan Sungai Pua.

Puskesmas Lasi di Kecamatan Canduang, Puskesmas Magek di Kecamatan Kamang Magek, Puskesmas Pakan Kamih dan Puskesmas Kapau di Kecamatan Tilatang Kamang.

Selain itu, Puskesmas Biaro di Kecamatan Ampek Angkek, Puskesmas Baso dan Puskesmas Padang Tarok di Kecamatan Baso, Puskesmas Palupuh di Kecamatan Palupuh.

"Saya berharap kader Posyandu ini melakukan kerjasama yang baik dengan pihak Puskesmas," katanya.

Ia menambahkan, pelayanan Posyandu ini bertujuan untuk menurunkan angka kematian bayi (AKB), angka kematian ibu hamil dan lainnya. (*)