Gubernur Minta Jalur Mudik Segera Disiapkan

id Gubernur, Minta, Jalur, Mudik

Gubernur Minta Jalur Mudik Segera Disiapkan

Irwan Prayitno.

Padang, (AntaraSumbar) - Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Irwan Prayitno meminta seluruh pihak terkait untuk mempersiapkan sarana dan prasarana jalur darat di daerah itu yang akan dilewati oleh pemudik pada lebaran 2015.

"Infrastruktur jalan provinsi harus selesai diperbaiki sebelum lebaran. Demikian juga halnya dengan rambu-rambu jalan," kata dia di Padang, Rabu.

Menurutnya, persiapan ini merupakan hal rutin yang dilakukan setiap tahun dan seharusnya seluruh pihak terkait telah mempersiapkan sejak awal.

"Dinas Prasarana Jalan Tata Ruang dan Pemukiman Sumbar sudah diinstruksikan untuk memperbaiki jalan-jalan provinsi yang rusak agar tidak membahayakan pemudik. Perbaikan itu sudah mulai dikerjakan saat ini," katanya.

Kesiapan rambu jalan untuk memandu pengguna jalan menurut dia juga penting untuk disiapkan.

"Dinas Perhubungan harus segera menyiapkan rambu-rambu ini. Ganti yang rusak dan yang hilang dicuri orang tidak bertanggung jawab," katanya.

Selain jalur utama, dia meminta agar jalur alternatif seperti jalan Sicincin-Malalak juga diperhatikan.

"Jalur tersebut penting untuk mengurai kemacetan di jalur utama karena itu harus dipersiapkan dengan baik pula," katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan Sumbar, Amran mengatakan, pihaknya berkoordinasi dengan seluruh instansi terkait dan pemerintah kabupaten/kota untuk mempersiapkan jalur mudik tahun 2015.

"Kita upayakan semaksimal mungkin agar jalur mudik bisa nyaman untuk dilewati," katanya. (*)