Polisi Diminta Terus Tingkatkan Kinerja dan Profesionalisme

id HUT Bhayangkara ke-69

Padangpariaman, (Antara) - Kepolisian Republik Indonesia (Polri) diminta untuk terus meningkatkan kinerja dan profesionalisme guna memberikan pelayanan terbaik bagi nusa dan bangsa terutama kepada masyarakat.


"Presiden Republik Indonesia Joko Widodo meminta agar Polri dalam memberikan pelayanan hukum kepada masyarakat lebih mengedepankan proses yang sederhana, kemudahan, dan kecepatan dalam bertindak," kata Kapolres Padangpariaman, AKBP Rudi Yulianto membacakan amanat Presiden Republik Indonesia pada peringatan HUT Bhayangkara ke-69 di halaman Mapolres setempat, Rabu.

HUT Bhayangkara ke-69 mengusung tema "Melalui Revolusi Mental Polri Siap Memantapkan Soliditas dan Profesionalisme Guna Mendukung Pembangunan Nasional".


Ia mengatakan yang diperlukan saat ini adalah adanya kesanggupan, kemauan serta kerja keras dari Polri guna memberantas segala bentuk kejahatan, karena kecenderungan dari pola kejahatan ini semakin meningkat sehingga membutuhkan penanganan yang profesional dan proporsional," ujarnya.


Selain itu, presiden juga memberikan instruksi kepada Polri agar memanfaatkan sistem online guna memberikan informasi yang akurat kepada masyarakat sekaligus menghindari segala bentuk praktik percaloan dalam layanan hukum yang selama ini kerap terjadi.

"Polri juga harus mampu mengembangkan teknik dan taktik dalam menangani segala bentuk kejahatan baik berbentuk konvensional maupun kejahatan yang berpola canggih," katanya.

Ia menjelaskan Presiden Republik Indonesia menekankan kepada Polri agar lebih mengedepankan asas keadilan terutama dalam melakukan penegakan hukum kepada kaum minoritas, anak-anak, dan perempuan.

"Harapan kita semua tentu ingin mewujudkan nawacita pemerintah melalui program revolusi mental bagi semua aparatur Polri terutama dalam hal pelaksanaan tugas pokok kepolisian yaitu memberikan perlindungan, pengayoman, dan pelayanan hukum bagi semua lapisan masyarakat," ujarnya.

Bertindak sebagai inspektur upacara Kapolres Padangpariaman AKBP Rudi Yulianto, Komandan Upacara Kanit I Satreskrim Polres Padangpariaman Ipda Rizal Samual.

Tampak hadir Bupati Padangpariaman Ali Mukhni, Dandim 0308 Pariaman Letkol Inf. Persada Alam, Kejari Pariaman Yulitaria, Kasatreskrim AKP J Hendro, Kasatlantas AKP Aris Cai, Kasat Binmas AKP Hendri, dan sejumlah pejabat di jajaran Polres Padangpariaman lainnya. (*)