Kapolsek Talang Ajak Wali Nagari Jaga Kamtibmas

id Kapolsek Talang

Arosuka, (Antara) - Kepala Kepolisian Sektor (Kapolsek) Talang, Kabupaten Solok, Sumatera Barat (Sumbar), AKP Aleyxi A, mengajak delapan Wali Nagari (kepala desa adat) di wilayah Kecamatan Gunung Talang untuk bersama-sama menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas).

"Situasi yang aman, nyaman dan kondusif di wilayah Kecamatan Gunung Talang, hendaknya dapat dipertahankan dengan semangat persatuan dan kesatuan," kata Kapolsek Talang, AKP Aleyxi di hadapan Camat Gunung Talang diwakili Sekcam Yuspardi, Danramil Talang dan 8 Wali Nagari se-Kecamatan Gunung Talang, Ketua Kerapatan Adat Nagari (KAN) dan tokoh masyarakat di daerah itu, pada acara berbuka puasa bersama dengan tokoh masyarakat dalam rangka HUT Bhayangkara ke-69 tanggal 1 Juli 2015, Rabu.

Wali Nagari yang hadir di antaranya adalah Wali Nagari Talang Marves Boy, Wali Nagari Cupak Dasril, Wali Nagari Koto Gadang Guguak Adri, Wali Nagari Jawi-Jawi Laswir dan Wali Nagari Koto Gaek Guguak Dusri Harpen.

Kapolsek Talang AKP Aleyxi menambahkan, bila seluruh komponen masyarakat bersatu padu seiya sekata, bila terjadi permasalahan di dalam nagari atau antar-nagari maka persoalan itu akan bisa dengan cepat diselesaikan melalui jalan musyawarah bermufakat.

Itu semua bisa dilakukan berkat semangat kebersamaan, pesatuan dan kesatuan yang sudah terjalin dengan baik antar Wali Nagari dan elemen pemerintahan lainnya serta tokoh masyarakat.

"Penegakan hukum adalah upaya terakhir yang akan diambil petugas kepolisian, apabila tidak ada solusi jalan keluar penyelesaian sebuah permasalahan," katanya.

Ia mengatakan, guna mendukung situasi kamtibmas yang kondusif di tengah masyarakat, jajaran Kepolisian Sektor Talang mengaktifkan seorang personel Bintara pembina keamanan dan ketertiban masyarakat (Babinkamtibmas).

Seorang anggota Babinkamtibmas dari Polsek Talang saat ini bertugas di dua nagari berbeda yang menjadi wilayah tugasnya, dalam rangka memberi penyuluhan dan pembinaan hukum kepada masyarakat.

Selain itu jelas dia, petugas Polsek Talang lainnya dari unit Serse dan Intel serta Sabhara, juga secara rutin melakukan patroli wilayah, dalam rangka memberi rasa aman dan nyaman kepada masyarakat.

"Hasilnya situasi kamtibmas yang kondusif cukup dirasakan masyarakat selama ini, dan kasus-kasus tindak kriminal seperti pencurian dan lain sebagainya relatif menurun secara signifikan.

Sebelumnya, Wali Nagari Koto Gadang Guguak Adri, mewakili Wali Nagari dan tokoh masyarakat setempat mengapresiasi Kapolsek Talang AKP Aleyxi beserta jajarannya yang telah mengundang masyarakat untuk menjalin silaturrahmi sambil berbuka puasa bersama.

"Semoga hubungan yang harmonis antara petugas Polsek Talang dengan para Wali Nagari dan tokoh masyarakat lainnya, situasi kamtibmas yang kondusif di wilayah Kecamatan Gunung Talang tetap bisa terus dipertahankan," katanya. (*)