DPD PAN Agam Siap Menangkan Pilkada 2015

id Pilkada 2015

Lubuk Basung, (Antara) - Dewan Pimpinan Daerah Partai Amanat Nasional (DPD PAN) Kabupaten Agam, Sumatera Barat (Sumbar), siap untuk memenangkan pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak Desember 2015.

"Saya ingin mengulang sejarah pemilihan legislatif (Pileg) tahun 1999, dimana PAN Kabupaten Agam berhasil meraih suara terbanyak, dan salah seorang kader terbaiknya terpilih menjadi ketua DPRD Kabupaten Agam," kata Ketua DPD PAN Agam, Syahmendra Putra pada acara buka puasa bersama dengan jajaran pengurus DPD PAN Agam, di Lubuk Basung, Kamis malam.

Turut hadir pada acara itu bakal calon bupati petahana Indra Catri, calon wakil bupati yang juga pengurus PAN pusat Rendra Merni, calon wakil bupati Syafrudin.

Ia mengatakan, untuk meraih kemenangan pada Pilkada 2015 seluruh kader dan simpatisan PAN yang tersebar di 82 nagari se-Kabupaten Agam harus menyatukan tekad dan satu suara untuk memenangkan calon yang akan diusung.

"Mari bersatu, jangan terpecah belah, maka target ini akan tercapai nantinya," ajak mantan Ketua KNPI Kabupaten Agam ini.

Ia menyebutkan, pada Pilkada nanti, PAN Kabupaten Agam tidak bisa sendiri mengusung bakal calon bupati dan wakil bupati, karena pada pemilihan legislatif 2014 hanya memperoleh sebanyak enam dari 45 kursi legislatif setempat.

Sementara syarat untuk mengusung bakal calon bupati dan wakil bupati harus memiliki sebanyak sembilan kursi. Untuk itu, PAN akan melakukan koalisi dengan partai politik lainnya.

"Kita telah melakukan komunikasi dengan sejumlah partai politik," katanya.

Ia menambahkan, DPD PAN Agam telah melakukan penjaringan bakal calon bupati dan wakil bupati.

Bakal calon bupati yang telah mendaftar yakni Guspardi Gaus saat ini Wakil Ketua DPRD Sumbar, Indra Catri saat ini Bupati Agam, Irwan Fikri saat ini Wakil Bupati Agam.

Sedangkan wakil bupati yakni Zulpardi mantan anggota DPRD Kabupaten Agam, Rendra Merni pengurus DPP PAN, Syafrudin mantan Wali Nagari Lubuk Basung, Syahmendra Putra saat ini Ketua DPD PAN Kabupaten Agam dan Syafril Huda saat ini Ketua DPC PPP Kabupaten Agam.

Pengurus DPP PAN, Rendra Merni menambahkan, ia ingin maju pada Pilkada Kabupaten Agam 2015 ini merupakan desakan dari pengurus pusat.

"Sebelumnya saya juga pernah diminta untuk manju menjadi wakil bupati Kota Pariaman dan Kota Padang oleh pengurus pusat. Namun tawaran itu saya tolak," katanya.

Tawaran untuk maju sebagai bakal calon Wakil Bupati Agam kali ini diterima, karena Kabupaten Agam merupakan daerah asal.

Ia menambahkan, pemilihan kepala daerah ini merupakan salah satu bagian dari partai politik. Untuk itu perlu bersama-sama untuk memenangkan pesta demokrasi sekali lima tahun ini. (*)