Gubernur Pantau Stok Bahan Pokok di Padang

id Pantau Stok Bahan Pokok

Padang, (Antara) - Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Irwan Prayitno melakukan pemantauan stok bahan kebutuhan pokok ke pasar yang ada di Padang untuk memastikan ketersediaan dan perkembangan harga, Jumat.

Irwan melakukan pemantauan bersama Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Sumbar Puji Atmoko, Wali Kota Padang Mahyeldi, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sumbar Mudrika dan sejumlah pihak terkait.

Pantauan pertama dilakukan ke Plaza Andalas pusat perbelanjaan modern yang ada di Padang untuk melihat perkembangan harga dan tingkat ketersediaan kebutuhan pokok.

Tiba di Plaza Andalas gubernur langsung menuju lokasi penjualan parsel dan melakukan pengecekan bersama jajaran Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) apakah ada produk yang telah kedaluwarsa.

Usai mengecek isi parsel pemantauan dilanjutkan dengan mengecek ketersediaan gula dan perkembangan harganya dilanjutkan dengan pemantauan mainan anak yang dikhawatirkan ada zat berbahaya.

"Untuk parsel sudah dicek beberapa sampel makanan tidak ada ditemukan yang kedaluwarsa, semua memenuhi persyaratan," kata Irwan.

Sementara untuk harga kebutuhan pokok seperti gula, ia mengatakan masih stabil sama dengan sebelumnya.

"Kalau ada yang naik, tingkat kenaikannya masih wajar, belum tinggi dan saat ini persediaan cukup," ujar dia.

Usai melakukan peninjauan di Plaza Andalas, Gubernur Irwan bersama rombongan melanjutkan pantauan ke Pasar Alai salah satu pasar tradisional yang ada di Padang.

Setiba di Pasar Alai, ia langsung menyambangi pedagang beras untuk menanyakan kondisi harga.

Tidak hanya itu Irwan bersama Wali Kota Padang Mahyeldi juga berdialog dengan beberapa pedagang yang ada di Pasar Alai memastikan ketersediaan barang.

Ani salah seorang pedagang telur di Pasar Alai mengatakan saat ini harga telur ayam ras Rp1.200 per butir dan ketersediaan masih cukup.

Berdasarkan hasil pantauan sejumlah komoditas Irwan mengatakan beberapa kebutuhan pokok harganya stabil bahkan ada yang yang turun seperti cabai dan ayam ras.

"Saya berharap harga tetap terkendali hingga Lebaran sehingga inflasi dapat di tekan," ujar dia.

Sementara Kepala Perwakilan BI Sumbar, Puji Atmoko mengatakan perkembangan harga kebutuhan pokok cukup stabil sehingga masyarakat tidak perlu khawatir.

Ia menyebutkan saat ini Sumbar terjadi deflasi 1,8 persen dan ekspektasi masyarakat selaku konsumen cukup baik. (*)