Jelang Lebaran, Pesisir Selatan Benahi Objek Wisata

id Pesisir Selatan, Benahi, Objek, Wisata

Jelang Lebaran, Pesisir Selatan Benahi Objek Wisata

Pantai Carocok. (wikipedia.org)

Painan, (AntaraSumbar) - Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan melakukan pembenahan sejumlah objek wisata di daerah itu menjelang libur Hari Raya Idul Fitri 1436 Hijriyah.

Kepala Dinas Pariwisata Pemuda Olah Raga dan Ekonomi Kreatif Pesisir Selatan, Gunawan di Painan, Jumat, mengatakan pembenahan dilakukan pada tingkat pengelolaan seperti areal parkir kendaraan, keamanan serta arus lalu lintas masuk dan keluar lokasi objek wisata.

Lebaran Idul Fitri 1436 Hijriyah, pemerintah kabupaten (Pemkab) setempat membenahi dua objek wisata yang merupakan andalan bagi kabupaten itu yakni Pantai Carocok Painan dan Jembatan Akar Bayang Utara.

Kedua objek wisata tersebut selama ini sudah dikenal banyak orang di Indonesia, bahkan mancanegara. Tidak saja pada hari-hari libur akhir pekan, namun pada hari-hari lainnya objek wisata itu juga ramai pengunjung, apalagi pada Hari Raya Idul Fitri.

Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informasi Pesisir Selatan, Iqbal Rama Dipayana mengatakan, khusus Pantai Carocok Painan, pemkab akan menata sebaik mungkin arus lalu lintas kendaraan yang ke luar dan masuk lokasi.

"Agar arus transportasi ke luar dan masuk lokasi objek wisata ini lancar maka kita akan melakukan sistem buka tutup khusus pada lebaran Idul Fitri nanti. Pada lebaran itu arus transportasi selalu mengalami kemacetan karena ramainya kendaraan keluar dan masuk lokasi," katanya.

Selain pengaturan arus lalu lintas, pemkab menyerahkan pengelolaan perparkiran kendaraan di kawasan Pantai Carocok Painan kepada dinas perhubungan Informasi dan Komunikasi dan Pemerintah Nagari (desa adat).

Sedangkan biaya parkir kendaraan yang dikenakan kepada pemilik kendaraan disesuaikan berdasarkan peraturan daerah (Perda) kabupaten setempat yang telah ditetapkan.

"Kita mengimbau pengelola parkir untuk tidak meminta biaya parkir kendaraan kepada pengunjung diluar dari yang telah ditetapkan oleh Perda setempat, kenakanlah biaya parkir bagi pengunjung sesuai dengan perda atau yang sewajarnya, " katanya.

Sistem satu jalur yang akan diberlakukan untuk ke luar dan masuk lokasi Pantai Carocok yakni masuk di gerbang Simpang Ajinomoto Painan (sebelah selatan) dan keluar di Simpang Hotel Adi Karya atau Simpang Bundaran Air Mancur (utara).

Sementara untuk pengawasan keamanan, pemkab menyiagakan sebanyak 30 orang petugas gabungan kepolisian, Satpol PP, TNI dan Dinas Perhubungan di pintu masuk, keluar dan lokasi Pantai Carocok dengan sitem sif atau bergantian. (*)