Gubernur Sumbar Sahur di Rumah Warga Kuranji

id singgah sahur

Gubernur Sumbar Sahur di Rumah Warga Kuranji

Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno (kiri) didampingi Wakil Wali Kota Padang Emzalmi (kanan) melaksanakan singgah sahur di rumah keluarga Masrizal di Kuranji Padang. (Foto : Ikhwan Wahyudi)

Padang, (AntaraSumbar) - Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Irwan Prayitno melakukan kegiatan singgah sahur di rumah salah seorang warga di Tampat Durian, Kelurahan Korong Gadang, Kecamatan Kuranji, Padang pada Minggu dini hari.

"Ini merupakan program yang digagas Pemerintah Kota Padang mengunjungi warga yang kurang mampu untuk makan sahur bersama," kata Irwan.

Pada kegiatan itu Gubernur Irwan didampingi Wakil Wali Kota Padang Emzalmi serta sejumlah satuan kerja perangkat daerah (SKPD) yaitu Kepala Badan Pengendalian Dampak Lingkungan Daerah (Bapedalda) Kota Padang Edi Hasymi, Kepala Dinas Kesehatan Kota Padang Eka Lusti serta Camat Kuranji Salisma.

Kedatangan Gubernur bersama rombongan pada pukul 04.00 WIB tersebut diluar dugaan pemilik rumah Masrizal karena tidak menyangka orang nomor satu di Sumbar akan santap sahur di rumahnya.

"Saya kaget, ada yang mengetuk pintu, dikira siapa, rupanya pak Gubernur," kata Masrizal yang sehari-hari berprofesi sebagai buruh bangunan.

Tiba di rumah Masrizal, Irwan melihat kondisi dalam rumah kayu yang berukuran 7x9 meter terdiri atas dua ruangan dan masih berlantai tanah yang kurang layak huni itu.

Rumah yang berada di pinggir jalan kampung tersebut berdinding kayu dengan kondisi atap yang rendah serta sudah rapuh.

Setelah itu Gubernur bersama rombongan mengajak Masrizal dan keluarga makan sahur bersama menikmati hidangan yang telah disiapkan oleh tim.

"Setelah ini rumah Masrizal akan dibedah, pendanaan dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Padang ,dan instansi terkait sekitar Rp20 juta," kata dia.

Ia mengatakan dengan program ini akan dapat mengurangi rumah warga yang tidak layak huni menjadi lebih baik.

"Tidak hanya itu Dinas Sosial juga akan membantu pengembangan usaha rakik maco yang digeluti istri Masrizal," lanjut Irwan.

Sementara Wakil Wali Kota Padang Emzalmi mengatakan program bedah rumah merupakan salah satu kegiatan unggulan di Padang

"Pada 2014 sudah dibedah 600 unit rumah dan tahun 2015 ditargetkan 1.000 unit tersebar pada semua kecamatan di Padang," kata dia.

Ia mengatakan masih banyak rumah warga miskin yang kurang memenuhi syarat kesehatan dan teknis sehingga kurang layak huni.

Usai sahur Gubernur Irwan dan Wakil Wali Kota Padang Emzalmi juga menyerahkan bingkisan berupa bantuan uang untuk Lebaran serta sarung, pakaian dan kue kepada keluarga Masrizal. (*)