BMKG Imbau Transportasi Laut di Kepri Hati-Hati

id BMKG, Imbau, Transportasi, Laut, Kepri, Hati-Hati

BMKG Imbau Transportasi Laut di Kepri Hati-Hati

Ilustrasi. (Antara)

Batam, (AntaraSumbar) - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika Batam mengimbau pengguna transportasi laut berhati-hati terhadap arus laut yang relatif kuat di wilayah Perairan Natuna dan Anambas pada Minggu.

Prakirawan BMKG Batam Sabila Rahmabudi mencatat arus laut mencapai 70 cm per detik dengan gelombang laut tiga meter.

Cuaca di Kepri secara keseluruhan berawan dan berpeluang terjadi hujan ringan yang bersifat lokal.

"Kondisi ini masih kondusif untuk aktivitas transportasi darat dan udara," kata dia.

Pola belokan angin di wilayah Kepri mengakibatkan massa udara yang melewati Kepri melambat hingga berpotensi dalam pertumbuhan awan. Namun, kelembaban udara yang relatif rendah di lapisan atas kurang mendukung pertumbuhan awan konvektif.

Secara detail, BMKG memprakirakan cuaca wilayah Kota Batam pada Minggu pagi berawan, siang berawan hujan ringan dan malam kembali berawan. Kecepatan angin diprakirakan lima sampai 32 kilometer per jam arah selatan.

Suhu udara di Batam antara 25 sampai 32 derajat Celsius dengan kelembaban 60 sampai 93 persen. Sedangkan gelombang laut di perairan Batam diperkirakan 0,8 sampai 1,5 meter.

Sama dengan Batam, cuaca di Kota Tanjungpinang dan Kabupaten Bintan pada Minggu pagi berawan, siang berawan hujan ringan dan malam berawan. Kecepatan angin diprakirakan delapan sampai 36 kilometer per jam arah selatan.

Suhu udara Tanjungpinang dan Kabupaten Bintan antara 24 ampai 33 derajat Celsius dengan kelembaban 60 sampai 95 persen, sedangkan gelombang laut di perairan Pulau Bintan diperkirakan 0,8 sampai 1,3 meter.

Karimun pada Minggu pagi berawan, siang berawan hujan ringan dan malam berawan. Kecepatan angin mencapai lima sampai 28 kilometer per jam arah tenggara.

Suhu udara di Karimun antara 23 sampai 33 derajat Celsius dengan kelembaban 65 sampai 97 persen. Sedangkan gelombang laut di perairan Karimun diperkirakan 0,8 sampai dua meter.

Cuaca di Lingga Minggu pagi hingga malam berawan. Kecepatan angin diprakirakan lima sampai 28 kilometer per jam arah tenggara.

Suhu udara di Lingga antara 24 sampai 33 derajat Celsius dengan kelembaban 62 sampai 92 persen. Sedangkan gelombang laut diperkirakan 0,8 sampai dua meter.

Kabupaten Natuna pada Minggu pagi berawan, siang berawan hujan ringan dan malam berawan. Kecepatan angin diprakirakan lima sampai 35 kilometer per jam arah barat daya.

Suhu udara di Natuna antara 24 sampai 32 derajat Celsius dengan kelembaban 65 sampai 98 persen. Dan gelombang laut diperkirakan satu sampai tiga meter.

Sedangkan di Kabupaten Anambas, pada Minggu pagi berawan, siang berawan hujan ringan dan malam berawan. Kecepatan angin diprakirakan lima sampai 28 km per jam arah selatan.

Suhu udara Anambas antara 25 sampai 32 derajat Celsius arah barat daya dengan kelembaban 60 sampai 95 persen. Sedangkan gelombang diperkirakan satu sampai 2,5 meter. (*)