Hinca: Cagub Demokrat fi Tangan Majelis Tinggi

id Cagub, Demokrat, Tangan, Majelis, Tinggi

Jakarta, (AntaraSumbar) - Sekjen Partai Demokrat Hinca Pandjaitan mengatakan keputusan seleksi calon gubernur dan wakil gubernur Partai Demokrat dalam pilkada serentak 2015 berada di tangan Majelis Tinggi Partai.

"Untuk diketahui, calon gubernur itu wilayahnya Majelis Tinggi partai. Jadi seluruh calon, data dan bahan-bahan termasuk survei dari DPC, DPD sampai ke DPP kita serahkan ke majelis tinggi partai, dan itu dibahas hari ini," kata Hinca di sela Rapimnas Demokrat hari kedua di JCC, Senayan, Jakarta, Minggu.

Dalam proses seleksi hari ini, masing-masing ketua DPD yang hadir bertukar informasi mengenai proses penjaringan yang telah dilakukan di daerahnya masing-masing. Informasi itu dijadikan bahan laporan kepada DPP Partai Demokrat.

Politisi Demokrat Ruhut Sitompil menyampaikan partainya sejak awal memprioritaskan kader internal untuk maju dalam pilkada serentak. Namun jika ada calon dari luar yang lebih baik, Demokrat akan mengusungnya.

"Kami mengingatkan maju harus untuk menang, kalau tidak menang ya sudah lah tidak usah maju," jelasnya.

Menurut Ruhut, hampir seluruh partai meminta berpasangan dengan Demokrat dalam mengusung calon. Dia menduga hal itu lantaran elektabilitas Ketua Umum Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono semakin baik.

Rapimnas Partai Demokrat diikuti 320 orang pengurus. Sebelumnya pada Sabtu (4/7), Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono telah melantik pengurus pusat Partai Demokrat periode 2015-2020. (*)