Bupati Solok: PAUD Pondasi Pembentukan Kepribadian Anak

id Pembentukan Kepribadian

Arosuka, (Antara Sumbar) - Bupati Solok Sumatera Barat (Sumbar), H Syamsu Rahim mengatakan, Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) memegang peranan penting dan menentukan perkembangan anak selanjutnya, sebab PAUD merupakan fondasi bagi kepribadian anak.

Pendidikan anak usia dini kata dia, juga tidak terlepas dari peran pendidik atau guru PAUD itu sendiri.

"Sebab pada anak usia dini inilah merupakan masa keemasan yang sangat mendasar untuk tumbuh kembang anak selanjutnya," kata dia, Senin (6/7).

Hal itu disampaikanya, pada Pelatihan Tenaga Didik dan Kependidikan PAUD se-Kabupaten Solok tahun 2015, di Ruang Pelangi Kantor Bupati di Arosuka.

Ikut hadir pada acara itu, Ketua Forum PAUD Kabupaten Solok Hj. Erlinda Syamsu Rahim, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Solok diwakili Kabid Pembinaan Pendidikan Non Formal, Zainal Jusman, sejumlah narasumber dan para tenaga didik PAUD lainya.

Syamsu Rahim juga menekankan pendidikan begitu penting karena sangat menentukan bagi kemajuan bangsa di masa depan, karena itu kata dia, kualitas pendidik harus terus ditingkatkan.

Dengan adanya pelatihan ini dia, diharapkan para guru PAUD di Kabupaten Solok yang mengikuti acara ini, dapat terus meningkatkan kualitasnya.

Pada kesempatan itu, Syamsu Rahim juga mengapresiasi guru-guru PAUD yang kebanyakan bukan PNS, tetapi tetap semangat dalam menjalankan tugasnya sebagai pendidik.

Terkait kondisi itu kata dia, pemerintah daerah akan mengusahakan bagaimana guru-guru PAUD yang bukan PNS ini, bisa diberi insentif dari pemerintah daerah.

"Pemerintah daerah akan terus berusaha untuk meningkatkan kesejahteraan para guru-guru PAUD ini khususnya yang non PNS," katanya.

Sebelumnya, Kabid Pembinaan Pendidikan Non Formal Zainal Jusman, melaporkan kepada bupati bahwa jumlah peserta pelatihan itu sebanyak 400 orang, dengan umlah tenaga didik PAUD saat ini sebanyak 1432.

Zainal Jusman juga mengatakan, bahwa pendidikan PAUD di Kabupaten solok masih belum merata. Masih ada sekitar 118 jorong di Kabupaten Solok yang belum memiliki PAUD.

Topik yang akan disampaikan narasumber pada pelatihan ini, di antaranya tentang standar PAUD dengan tema acara "Forum PAUD Ikut Mensukseskan Pelaksanaan Kurikulum Tahun 2013 PAUD". (ris)