DKP-PADANG Prediksi Volume Sampah Meningkat Selama Ramadhan

id Volume Sampah Meningkat

Padang, (Antara) - Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Padang Sumatera Barat (Sumbar) memprediksi volume sampah di daerah tersebut mengalami peningkatan selama Ramadhan 1436 Hijriah.

"Peningkatan ini terlihat dari tingginya intensitas truk sampah yang mengangkut sampah dari kontainer dan Tempat Penampungan sementara ke TPA Aia Dingin," kata Afrizal Khaidir, di Padang, Selasa.

Dia mengatakan ada kemungkinan peningkatan ini terjadi akibat meningkatnya kegiatan konsumsi masyarakat terhadap barang dan makanan.

Menurutnya peningkatan ini akan terus berlangsung hingga puncaknya saat lebaran mendatang. Dan untuk mengantisipasi tingginya volume sampah itu pihaknya telah menyiapkan petugas dan perlengkapan untuk melancarkan proses pembuangan hingga tempat pembuangan akhir atau TPA.

"Dalam hal ini, DKP Padang telah menyiapkan tambahan 12 unit becak motor sampah," kata dia.

Sebanyak 12 betor tersebut akan diperuntukkan pada sebelas wilayah penyapuan, dimana masing-masingnya mendapat satu unit, kata dia.

Meski demikian, penambahan tersebut belum mampu mengakomodasi volume sampah di Kota Padang yang jumlahnya mencapai 500 ton setiap harinya, kata dan menambahkan, ketersediaan 61 truk sampah pada DKP saat ini masih dirasa kurang.

"Idealnya perlu memiliki 100 armada untuk menyelesaikan pembersihan sampah dengan volume tersebut," ucapnya.

Sementara itu pengamat lingkungan Ardinis Arbain mengatakan peningkatan volume sampah itu lebih disebabkan oleh minimnya perilaku pengelolaan oleh masyarakat.

Dalam hal ini, katanya, masyarakat cenderung langsung membuang ke tempat pembuangan tanpa melakukan pemilihan atau pemakaian kembali sampah yang masih bermanfaat.

Untuk itu, sudah seharusnya DKP melakukan sosialisasi program pengelolaan sampah terpadu kepada masyarakat, ujarnya. (*)