Polres Pasaman Kerahkan 250 Personel Amankan Jalur Mudik

id Polres, Pasaman, Operasi, Ketupat

Lubuk Sikaping, (AntaraSumbar) - Kepolisian Resor (Polres) Pasaman mengerahkan 250 personel untuk pengamanan jalur mudik Hari Raya Idul Fitri 1436 Hijriah.

Kapolres Pasaman AKBP Agoeng S Widayat di Lubuk Sikaping, Selasa, mengatakan, untuk menghadapi Idul Fitri 1436 Hijriah, jumlah personel yang akan dilibatkan mencapai 2/3 dari kekuatan yang ada, berikut dibantu dengan instansi terkait lainnya untuk menjamin kelancaran dan keamanan jalur mudik.

"Selain itu, kita juga akan berkoordinasi dengan pihak polda Sumbar, dimana untuk operasi pengamanan jalur mudik ini akan dimulai 10 hari jelang lebaran," kata Agoeng.

Ia menambahkan, daerah ini merupakan jalur lintas Sumatera penghubung Sumbar dan Sumatera Utara, sehingga pengawasan akan lebih ditingkatkan didaerah ini.

Selain menyiapkan personel pengamanan, pihak kepolisian terkait juga menyiapkan dua pos pemantau, yakni didaerah yang dianggap rawan bencana dan keamanan.

"Dua posko tersebut yakni di Kumpulan dan jalan Rimbo Panti, dimana petugas yang berjaga di dua posko tersebut akan bergantian, ini dilakukan selama 10 hari jelang Lebaran hingga 10 hari setelah Lebaran," jelasnya.

Selain itu, pengamanan jalur lintas Pasaman tidak hanya untuk melancarkan arus lalulintas Lebaran namun juga untuk mengantisipasi peredaran narkotika dan tindak kejahatan lainnya.

"Selama ini kita tahu Pasaman merupakan salah satu daerah perlintasan narkoba dari Sumut ke Sumbar, sehingga hal ini merupakan salah satu prioritas kita dalam mengamankan jalur mudik ini, jangan sampai, saat mudik kita jadi lengah, dimana nantinya saat mudik malah dimanfaatkan oleh pelaku kejahatan untuk menyelundupkan barang haram tersebut ke daerah ini," katanya.

Satuan Polisi Lalu Lintas (Satlantas) Polres Pasaman sendiri telah memasang belasan rambu-rambu waspada di beberapa titik jalan yang rawan longsong ataupun bencana.

"Kita sudah memasang rambu-rambu himbauan kepada pengendara yang melintasi beberapa titik rawan bencana, ini akan membantu kemanan pemudik selama melintasi jalan di Pasaman," kata Kasatlantas Polres Pasaman AKP Muzhendri.

Muzhendri menjelaskan, dilakukannya antisipasi sejak dini sebab untuk menjamin keamanan, kenyamanan dan ketertiban di daerah ini. (*)