Dinkessos Sawahlunto Bantu Lansia

id Dinkessos, Sawahlunto, Bantu, Lansia

Dinkessos Sawahlunto Bantu Lansia

Kepala Seksi Organisasi Sosial setempat, Ns Silvi Andriani S.Kep, saat menyerahkan bantuan kepada salah seorang lansia penerima bantuan, di Kantor Kelurahan Lubang Panjang, Kecamatan Barangin, Selasa (7/7). (Rully Firmansyah)

Sawahlunto, (AntaraSumbar) - Dinas Kesehatan dan Sosial (Dinkessos) Kota Sawahlunto, Sumatera Barat, menyerahkan bantuan bagi 177 orang masyarakat lanjut usia (Lansia) yang sudah tidak produktif, Selasa.

Kepala Seksi Organisasi Sosial Sawahlunto, Ns Silvi Andriani S.Kep, di Sawahlunto, mengatakan bantuan tersebut diantar langsung ke kantor desa dan kelurahan di seluruh kota itu, tempat masing-masing lansia tersebut bermukim.

"Masing-masing lansia sasaran diberikan bantuan dalam bentuk bingkisan berupa barang-barang kebutuhan sehari-hari senilai Rp900 ribu lebih," kata dia.

Ia mengatakan, dalam satu paket masing-masing berisi beras kualitas baik sebanyak 15 kilogram, satu kotak mie instan, tiga kotak teh celup, satu kaleng biskuit, empat liter minyak goreng dalam kemasan, lima kotak susu bubuk, empat kilogram gula pasir, 12 kaleng ikan dalam kemasan kecil serta satu kilogram kacang hijau mentah.

Bantuan tersebut merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan pihaknya setiap bulan suci Ramadhan, yang didanai dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) kota itu.

"Untuk data penerima bantuan, masing-masing kepala desa dan lurah mengajukan nama para lansia yang ada di daerahnya ke pihak kami," kata dia.

Kemudian, lanjutnya, data tersebut akan diuji kebenarannya oleh tim verifikasi, guna memastikan data yang diserahkan merupakan orang-orang yang layak sebagai penerima bantuan dan menetapkan lansia tersebut bukan penerima bantuan di tahun sebelumnya.

Menurutnya, hal itu bertujuan agar bantuan tersebut bisa tersebar dengan baik dan merata, sesuai dengan kondisi dan kemampuan keuangan daerah pada tahun berjalan.

"Meskipun mereka tidak produktif lagi akibat kerentaan usia, namun kami ingin mereka juga turut merasakan kegembiraan di hari raya Idul Fitri nanti," katanya.

Sementara itu, salah satu lansia penerima bantuan asal kelurahan Lubang Panjang, Kecamatan Barangin, Armaini, mengaku sangat senang dan bersyukur atas bantuan yang diberikan pihak pemerintah kepadanya.

Menurutnya, faktor usia yang sudah mulai renta menyebabkan ia bersama warga penerima bantuan lainnya tidak mampu lagi berkegiatan dalam memenuhi kebutuhan hidup mereka sehari-hari.

"Kami sangat berterima kasih kepada pemerintah, bantuan ini benar-benar sangat membantu kami dalam mengurangi beban biaya di hari raya nanti," katanya. (cpw7)