Masyarakat Diminta Waspadai Dampak Cuaca Panas

id Masyarakat, Waspadai, Dampak, Cuaca, Panas

Padang, (AntaraSumbar) - Pemerintah Kota (Pemkot) Padang mengimbau masyarakat setempat untuk mewaspadai adanya dampak negatif cuaca panas semisal kebakaran yang melanda daerah itu sejak beberapa minggu terakhir.

"Munculnya cuaca panas tersebut berpotensi meningkatkan titik api pada beberapa bahan yang mudah terbakar, untuk itu seminimal mungkin masyarakat perlu mewaspadainya," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah dan Pemadam Kebakaran (BPBDPK) Kota Padang Dedi Henidal di Padang, Selasa.

Dia menyebutkan salah satu upaya mewaspadai kebakaran tersebut yakni dengan tidak melakukan pembakaran sampah, membuang puntung rokok di sembarangan tempat.

Selain itu juga memastikan sumber-sumber api seperti kompor gas, listrik dan peralatannya berpotensi api lainnya tidak menyala sebelum meninggalkan rumah.

Di samping itu pihaknya mengimbau kepada masyarakat untuk tidak bermain petasan, kembang api dan sejenisnya karena benda-benda tersebut rentan menimbulkan kebakaran.

Dia menambahkan, sesuai prediksi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) cuaca panas tersebut akan terus berlangsung hingga Agustus.

Sementara itu Wali Kota Padang, Mahyeldi Ansharullah mengatakan pihaknya telah menggelar shalat sunnah istisqa (shalat minta hujan) di halaman parkir kantor Balai Kota Padang, Aie Pacah, selasa pagi.

Menurutnya, shalat tersebut sebagai upaya umat muslim yang meyakini Allah Maha Kuasa atas segala kejadian, maka wajiblah selaku hamba yang beriman berserah diri dan memohon yang terbaik terhadap kondisi saat cuaca saat ini.

sedangkan salah seorang warga Padang Ahmad mengatakan cuaca panas yang terjadi itu teriknya lebih hangat dari biasanya. Untuk itu ia mengajak agar lebih menjaga kesehatan apalagi saat ini bertepatan dengan bulan puasa. (*)