Khairunas-Edi Susanto Tarik Lagi Berkas Pencalonan

id KPU

Khairunas-Edi Susanto Tarik Lagi Berkas Pencalonan

KPU (Antara)

Padang Aro, (Antara) - Pasangan calon kepala daerah untuk Pilkada Solok Selatan, Sumatera Barat (Sumbar), Khairunas-Edi Susanto menarik kembali berkas pencalonannya dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat.

"Penarikan berkas pencalonan tersebut sesuai dengan permintaan yang bersangkutan, karena mereka tetap ingin memasukkan partai Golongan Karya (Golkar) sebagai pengusung pada pilkada tahun ini," kata Ketua KPU Solok Selatan, Isyuliardi Maas di Padang Aro, Senin.

Dia mengatakan, pasangan Khairunas-Edi Susanto datang ke KPU pada Senin siang untuk mendaftar sebagai calon kepala daerah dengan partai pengusung Golkar, Demokrat, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Hati Nurani Rakyat (Hanura) serta Partai Keadilan Persatuan Indonesia (PKPI).

Akan tetapi kata dia, rekomendasi dari Golkar belum ada, karena mereka beralasan masih dalam perjalanan.

"Sebetulnya dengan dukungan empat partai tersisa tanpa Golkar pasangan Khairunas-Edi Susanto sudah memenuhi persyaratan, tetapi mereka tetap ingin memasukkan Golkar sebagai partai pengusung," jelasnya.

Ia menjelaskan, untuk bisa mengusung calon kepala daerah partai Golkar memiliki rekomendasi dari kubu Abu Rizal Bakri dan Agung Laksono.

"Setiap calon kepala daerah yang diusung Golkar harus memiliki rekomendasi dari kedua kubu yang bersengketa di pusat," kata dia.

Untuk pasangan Khairunas-Edi Susanto katanya, masih memiliki kesempatan untuk melakukan pendaftaran ke KPU pada Selasa (28/7 ) atau hari terakhir pendaftaran.

Pada pemilihan legislatif 2014 Golkar memperoleh lima kursi di DPRD setempat, sedangkan Demokrat tiga kursi, PKPI dan PKB masing-masing satu kursi dan Hanura dua kursi.

Khairunas menjelaskan, jika rekomendasi dari kedua kubu tersebut sudah dalam perjalanan dari Jakarta menuju Padang dan ditandatangani oleh kedua kubu tadi malam pukul 01.00WIB.

"Surat rekomendasi dari kedua kubu sudah diantarkan ke Padang pukul 13.00 WIB dan sekarang dalam perjalanan menuju Solok Selatan," katanya.

Dia menyebutkan, masalah rekomendasi dari DPP Golkar tidak ada masalah dan besok akan diserahkan ke KPU sebelum waktu pendaftaran ditutup.

Rencana pendaftaran Khairunas-Edi Susanto sendiri datang ke KPU diiringi oleh ratusan masyarakat dengan iring-iringan kendaraan dari kediaman Khairunas di Lubuak Gadang Kecamatan Sangir. (*)