Irwan-Nasrul Isyaratkan Dapat Dukungan Dua Parpol Lagi

id Irwan-Nasrul

Padang, (Antara) - Pasangan calon, Irwan Prayitno-Nasrul Abit, yang diusung koalisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai Gerindra mengisyaratkan akan mendapat tambahan dukungan dari dua partai politik lainnya dalam Pemilihan gubernur dan wakil gubernur Sumbar pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Sumbar 2015.

"Kemungkinan masih ada dua partai lain yang akan memberikan dukungan, namun kami belum bisa sebutkan sekarang," kata Irwan saat melakukan pendaftaran di Sekretariat Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumbar di Padang, Senin.

Ia menjelaskan, saat ini pihaknya masih membangun komunikasi dan membuka diri dengan partai lain yang ingin memberikan dukungan terhadap pencalonannya dalam pemilihan gubernur dan wakil gubernur Sumbar.

Pasangan Irwan-Nasrul diusung koalisi PKS dan Partai Gerindra yang memiliki 15 kursi di DPRD Sumbar, di mana syarat minimal dukungan untuk Pilkada gubernur 13 kursi.

Dalam orasi politiknya, Irwan menyampaikan visi akan mewujudkan Sumbar yang madani melalui "civil society" dengan lima misi yang akan dijalankan.

"Pertama, pengembangan adat dan budaya, melakukan reformasi birokrasi, pengembangan sumber daya manusia, pengembangan ekonomi kerakyatan, dan program siaga bencana," ujar dia.

Irwan Prayitno merupakan Gubernur Sumbar 2010-2015 yang pada pilkada 2010 berhasil menang bersama wakilnya, Muslim Kasim, diusung PKS dan Partai Hanura.

Nasrul Abit yang sekarang menjadi calon wakil Irwan merupakan Bupati Pesisir Selatan periode 2010-2015.

Pada saat melakukan pendafataran tersebut, pasangan Irwan-Nasrul didampingi Ketua DPW PKS Sumbar, Trinda Farhan Satria dan Ketua DPD Partai Gerindra Sumbar, Syuir Syam dan simpatisan kedua partai tersebut.

Ketua KPU Sumbar Amnasmen mengatakan setelah menerima berkas pendaftaran, pihaknya akan melakukan verifikasi untuk mengecek keabsahan dokumen.

Setelah itu, akan dilakukan pemeriksaan kesehatan calon dan penetapan calon resmi oleh KPU pada 24 Agustus 2015.

Ia mengatakan Selasa (28/7) merupakan hari terakhir pendaftaran yang akan ditutup pada pukul 16.00 WIB. (*)