Sawahlunto-Telkom Tandatangani Kesepahaman "Smart City"

id Sawahlunto-Telkom, Tandatangani, Kesepahaman, Smart City

Sawahlunto, (AntaraSumbar) - Pemerintah Kota (Pemkot) Sawahlunto, Sumatera Barat, menandatangani nota kesepamahan dengan pihak PT Telkom Indonesia terkait pengembangan kota itu menjadi Smart City, Selasa.

General Manager PT Telkom Indonesia wilayah Sumatera Barat, Muskab Muzakkar, di Sawahlunto, Selasa, mengatakan sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN) bidang telekomunikasi di Indonesia, pihaknya berkomitmen untuk mendukung pembangunan kota itu melalui pengembangan infrastruktur "Information & Communication Technology" (ICT).

"Salah satu upaya yang dilakukan Telkom adalah melalui konsep Smart City yang bertujuan untuk mempermudah segala urusan Pemkot dengan dukungan konektivitas tinggi dan aplikasi dengan pemanfaatan ICT," kata dia.

Menurutnya, Smart City merupakan konsep sebuah kota yang memiliki koneksi terintegrasi dalam berbagai bidang hingga memberikan dampak praktis dan efisiensi dalam pengelolaan kota, mulai dari transportasi, pelayanan publik, pariwisata dan lain sebagainya.

Ia menyontohkan, beberapa layanan dan infrastruktur yang didukung pihaknya untuk mewujudkan Smart City tersebut, diantaranya penyediaan solusi CCTV, Social Media Analytic, Public Portal, solusi Machine to Machine dan City Digital Media.

"Kesemuanya tergantung tingkat kebutuhan daerah dalam memenuhi pelayanannya kepada masyarakat," ujar dia.

Pihaknya juga akan berperan aktif dalam memberikan penyuluhan guna menginformasikan keunggulan layanan tersebut, baik dari sisi manfaat maupun cara penggunaannya kepada masyarakat luas.

Sementara itu, Wali Kota Sawahlunto, Ali Yusuf, mengatakan sangat menyambut baik program Smart City tersebut dan akan segera menindak lanjutinya pengintegrasiannya bersama pihak terkait.

"Kota Sawahlunto terus berupaya meningkatkan kualitas layanan publik sebagai salah satu visi pemerintahan," katanya.

Untuk mewujudkannya, lanjutnya, tentu membutuhkan sarana dan prasarana pendukung yang layak dan memiliki jangkauan luas, agar layanan bisa diakses dengan mudah oleh masyarakat.

"Kepada pihak terkait diminta segera mengaplikasikan nota kesepahaman ini dalam bentuk kegiatan, sehingga layanan Smart City bisa terwujud secepatnya demi memenuhi hak masyarakat untuk mendapatkan layanan yang berkualitas," katanya.

Penandatanganan tersebut diwakili oleh Wali Kota setempat, Ali Yusuf, dari pihak Pemkot Sawahlunto serta General Manager PT Telkom Indonesia wilayah Sumatera Barat, Muskab Muzakkar, dikawasan objek wisata Kebun Buah Kandi Sawahlunto. (cpw7)