Empat Pasang Bakal Kepala Daerah Pesisr Selatan

id calon, pilkada, pesisir, selatan

Painan, (AntaraSumbar) - Sebanyak empat pasangan bakal calon bupati dan wakil bupati Pesisir Selatan sudah mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) kabupaten setempat sejak 26 Juli hingga hari terakhir pendaftaran pada 28 Juli 2015.

Ketua KPU Pesisir Selatan, Epaldi Bahar di Painan, Selasa, mengatakan pendaftar pertama yakni pasangan pasangan bakal calon bupati dan wakil bupati, Hendrajoni - Rusma Yul Anwar.

Pasangan Hendrajoni - Rusma Yul Anwar mendaftar ke KPU sekitar pukul 11.00 WIB hingga 14.00 WIB pada Senin (27/7). Tiba di KPU pasangan Hendrajoni - Rusma Yul Anwar disambut Ketua KPU setempat Epaldi Bahar dan empat komisioner lainnya.

Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) setempat Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Deni Yuhasdi dan Komandan Distrik Militer (Dandim) 0311 Painan, Pesisir Selatan Letnan Kolonel (Letkol) Inf Joko Maryanto juga turut hadir di KPU kabupaten setempat menyambut kedatangan pasangan Hendrajoni - Rusma Yul Anwar pada Senin itu.

Sebelum masuk ruangan yang disediakan KPU setempat, di pintu masuk, panitia telah menyodorkan buku tamu bagi pasangan calon dan pengurus partai politik pengusung yang mendampingi untuk ditandatangani.

Di KPU, panitia penerima pendaftaran langsung melakukan pemeriksaan terhadap berkas persyaratan bagi pasangan bakal calon bupati dan wakil bupati Hendrajoni - Rusma Yul Anwar.

Sesuai berkas persyaratan yang diserahkan, Hendrajoni - Rusma Yul Anwar diusung oleh tiga partai politik yakni Nasional Demokrat (Nasdem), Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) dan Partai Amanat Nasional (PAN).

"Jumlah kursi partai politik di DPRD kabupaten setempat yang mengusung pasangan Hendrajoni - Rusma Yul Anwar melebihi batas minimal syarat yang telah ditentukan sesuai undang-undang. Sebanyak tiga partai politik itu menempati 15 kursi di DPRD kabupaten setempat. Sedangkan batas minimal untuk syarat mengusung hanya sembilan kursi, " katanya.

Pada hari yang sama (Senin) menyusul mendaftar pasangan bakal calon bupati dan wakil bupati Editiawarman - Bakri Bakar. Pasangan itu tiba di KPU setempat sekitar setengah jam setelah pasangan Hendrajoni - Rusma Yul Anwar dan ribuan warga yang mendampinginya meninggalkan sekretariat KPU.

Sedangkan pada hari terakhir sesuai jadwal pendaftaran calon bupati dan calon wakil bupati 2016 - 2021 ke KPU, kembali datang ke KPU setempat sebanyak dua pasangan calon dalam waktu yang berbeda untuk mendaftarkan diri sebagai pasangan bakal calon bupati dan wakil bupati Pesisir Selatan.

Pasangan itu adalah Burhanudin - Nofril Anas yang diusung Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dan Demokrat. Sedangkan Pasangan Alirman Sori - Raswin diusung Partai Golangan Karya (Golkar) dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) datang paling terakhir mendaftar ke KPU.

Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Pesisir Selatan Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Deni Yuhasdi mengatakan, sejak pertama hingga hari terakhir pendaftaran pasangan bakal calon bupati dan wakil bupati Pesisir Selatan (26 - 28 Juli 2015) berlangsung aman dan lancar. (*)