Golkar dan PPP Batal Usung Muslim Kasim-Fauzi Bahar

id Golkar, PPP, Batal, Usung, Muslim Kasim-Fauzi Bahar

Padang, (AntaraSumbar) - Partai Golkar dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) batal menjadi partai pengusung calon gubernur Muslim Kasim-Fauzi Bahar pada Pemilihan Gubernur Sumbar 2015 karena tidak dapat memenuhi syarat administrasi yang diminta oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat.

"Dari enam partai politik yang mengantarkan pasangan Muslim Kasim-Fauzi Bahar ke KPU, hanya empat partai politik yang memenuhi persyaratan administrasi untuk mengusung calon, sementara dua partai dinyatakan tidak memenuhi syarat," kata Ketua KPU Sumbar, Amnasmen usai menerima pendaftaran calon gubernur di Padang, Selasa.

Menurut dia, empat partai yang memenuhi syarat itu masing-masing Partai Amanat Nasional(PAN), Partai Nasional Demokrat (Nasdem), Partai Hati Nurani Rakyat(Hanura) dan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P).

Sedangkan partai yang tidak memenuhi syarat adalah Partai Golkar dan PPP Sumbar.

"Kita sudah berikan waktu hingga pukul 16.00 WIB untuk melengkapi syarat yang tidak terpenuhi, tetapi dua partai tersebut tidak bisa melaksanakan sehingga dinyatakan tidak bisa menjadi partai pengusung," katanya.

Dengan komposisi pengusung empat partai politik, calon Muslim Kasim-Fauzi Bahar mendapatkan dukungan 23 kursi dari 13 kursi DPRD yang disyaratkan untuk mengusung calon gubernur di Sumbar.

Sekretaris PPP Sumbar, Amora Lubis di sela-sela pendaftaran calon gubernur Muslim Kasim-Fauzi Bahar mengatakan, dua kepengurusan PPP di Sumbar berbeda suara terkait calon yang akan diusung pada Pemilihan Gubernur Sumbar.

"Kita sepakat mengusung Muslim Kasim-Fauzi Bahar, sedangkan kepengurusan yang satunya lagi mendukung calon lain. Akhirnya, untuk Pemilihan Gubernur Sumbar PPP hanya sebagai partai pendukung," katanya.

Pemilihan Gubernur Sumbar 2015 dipastikan hanya diikuti dua pasang calon yaitu Irwan Prayitno-Nasrul Abit dan Muslim Kasim-Fauzi Bahar karena hingga penutupan pendaftaran pada Selasa(28/7) pukul 16.00 WIB, hanya dua pasang calon tersebut yang mendaftar.

Pasangan Irwan Prayitno-Nasrul Abit diusung oleh dua partai politik yaitu Partai Keadilan Sejahtera(PKS) dan Partai Gerindra dengan jumlah dukungan 15 kursi dari 13 kursi DPRD yang disyaratkan untuk maju sebagai calon gubernur di Sumbar.

Sementara pasangan Muslim Kasim-Fauzi Bahar menurut dia diusung oleh empat partai politik masing masing PAN, Nasdem, Hanura dan PDI P dengan dukungan 23 kursi. (*)