KPK Gelar Workshop Integritas Bagi Pejabat Sumbar

id KPK, workshop, integrasi, pejabat, sumbar

KPK Gelar Workshop Integritas Bagi Pejabat Sumbar

Padang, (AntaraSumbar) - Komisi Pemberantasan Korupsi menggelar workshop integritas bagi pejabat di lingkungan Pemerintah Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) untuk menanamkan nilai-nilai anti korupsi.

"Kegiatan ini diharapkan mampu menerapkan konsep sistem integritas nasional di lingkungan Pemprov Sumbar sehingga memberi manfaat positif bagi daerah," kata Pelaksana Harian Direktur Pendidikan Pelayanan Masyarakat Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Asep Khairullah di Padang, Selasa.

Workshop integritas diikuti 21 satuan perangkat kerja daerah (SKPD) yang berasal dari pejabat eselon II dan III di lingkungan Pemerintah Provinsi Sumbar.

Menurut Asep kegiatan serupa telah dilaksanakan di tempat lain seperti Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Banten, beberapa Kementerian serta BUMN.

Ia menjelaskan pelaksanaan sistem integritas nasional dimulai dari tahap pelembagaan yang terdiri atas legalisasi dan institusionalisasi rencana aksi nasional, penyelarasan mitra strategis dan konvensi nasional.

Kemudian dilanjutkan dengan penyusunan konsep, kerangka kerja dan pedoman konvensi nasional serta pemetaan pada kementerian, lembaga, organisasi, pemerintah daerah terpilih, ujar dia.

Sementara Asisten Administrasi Umum Pemprov Sumbar Sudirman Gani mengatakan kegiatan ini merupakan tindak lanjut hasil pertemuan antara KPK dengan Inspektorat Kemendagri untuk membentuk tunas integritas.

"Tujuannya menginternalisasikan nilai-nilai anti korupsi yang diselaraskan dengan nilai-nilai organisasi Pemprov Sumbar," ujar dia

Menurut dia sistem integritas nasional (SIN) merupakan upaya pemberantasan korupsi yang melibatkan semua pilar penting bangsa.

"Korupsi dapat berkurang karena setiap pilar memiliki akuntabilitas horizontal yang mendistribusikan kekuasaan, sehingga tidak ada monopoli dan kebijakan yang tidak dapat dipertanggungjawabkan," katanya. (*)