Empat Parpol Tidak Usung Calon Kepala Daerah

id Pilkada Solok Selatan

Padang Aro, (Antara) - Empat Partai Politik (Parpol) tidak ambil bagian dalam mengusung calon kepala daerah di Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Solok Selatan, Isyuliardi Maas di Padang Aro, Rabu, mengatakan ke empat parpol yang tidak ada mengusung calon kepala daerah yang akan digelar pada 9 Desember yaitu Golongan Karya (Golkar), Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Bulan Bintang (PBB) dan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP).

"Khusus untuk PDIP memang tidak memiliki perwakilan di DPRD setempat sehingga tidak bisa mengusung calon kepala daerah pada pilkada," katanya.

Sedangkan tiga partai lagi katanya, memiliki perwakilan di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) setempat tetapi juga tidak mengusung calon.

Dia menjelaskan, untuk partai yang masih konflik untuk mengusung calon harus ada rekomendasi dari kedua kubu.

Sekretaris DPD Golkar Solok Selatan kubu ARB Musyanwar Musa mengatakan, jika pihaknya tidak mengusung calon karena tidak memiliki rekomendasi dari salah satu kubu yang bersengketa di tingkat pusat.

"Kita sudah memiliki rekomendasi dari kubu ARB tetapi hingga pendaftaran kepala daerah ditutup rekomendasi dari kubu AL tidak juga datang sehingga tidak bisa mengusung calon," kata dia.

Namun demikian katanya, Golkar tetap jadi pendukung salah satu pasangan calon yaitu Khairunas-Edi Susanto pada pilkada kali ini karena yang maju juga ketua DPD Golkar Solok Selatan.

Sedangkan untuk PPP menyatakan diri mendukung pasangan Muzni Zakaria-Abdul Rahman dan saat pendaftaran pasangan tersebut juga dihadiri ketua DPD PPP Safrike.

Sedangkan untuk PBB yang dipimpin Andison hingga saat ini belum ada informasinya. (*)