11 Finalis Pemilihan Gadih Minang

id 11, Finalis, Pemilihan, Gadih, Minang

Padang, (AntaraSumbar) - Sebanyak 11 putri terbaik daerah di Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) terpilih menjadi finalis dalam pemilihan Gadih Minang tahun 2015 yang diadakan oleh RRI Padang.

Kepala RRI Padang, Mirza Musa di Padang, Rabu mengatakan bahwa ke 11 finalis tersebut terpilih dari seleksi yang dilakukan di enam kabupaten dan kota yang ada di Sumbar.

"Ini merupakan ke tiga kalinya RRI mengadakan pemilihan gadih minang ini dan rencananya akan mengadakannya setiap tahun. Pemilihan Gadih Minang pertama kali diadakan pada tahun 2012," katanya.

Ia berharap, dengan adanya kegiatan ini putri-purti minang bisa melestarikan dan membudayakan pakaian maupun adat yang ada di Sumbar.

Selain itu, nantinya para finalis Gadih Minang ini bisa menjadi motivator dan melakukan yang terbaik untuk daerahnya, karena hal tersebut bisa memajukan daerahnya masing-masing.

"Siapa lagi yang akan memajukan dan membanggakan daerah kalau bukan putra dan putri daerah sendiri,"paparnya.

Ketua panitia pemilihan Gadih Minang 2015, Wahyudi Maswar menjelaskan bahwa 11 finalis tersebut akan mulai dikarantina dan diberikan pembekalan selama dua hari, yaitu dari 29 sampai 30 Juli 2015.

"Selama di karantina, kami akan tetap melakukan penilaian terhadap finalis sampai pada final Kamis (30/7) malam,"jelasnya.

Ia mengungkapkan, sebenarnya jumlah finalis yang terpilih adalah sebanyak 12 orang, tetapi ada satu orang yang mengundurkan diri karena ingin melanjutkan pendidikan strata 2 (S2).

Salah seorang finalis Gadih Minang yang berasal dari Bukittinggi, Asri (19) mengatakan keinginannya untuk ikut dalam pemilihan Gadih Minang ini, untuk membanggakan kedua orang tua yang telah berjasa padanya.

Melalui pemilihan ini, ia ingin menonjolkan bagaimana gadih (gadis) Minang yang baik dan berkarakter, serta melestarikan adat-adat dari perempuan-perempuan minang.

"Kalau nantinya saya terpilih menjadi pemenangnya, saya siap menerima dan menjalankan amanah apa yang telah di tugaskan kepada gadih Minang dari pemilihan oleh RRI Padang,"katanya. (cpw9)