Lantamal II Padang akan Tanam Terumbu Karang 1,2 Ha

id lantamal II, Tanam, terumbu, karang

Lantamal II Padang akan Tanam Terumbu Karang 1,2 Ha

Terumpu karang. (Antara)

Pariaman, (AntaraSumbar) - Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) II Padang, Sumatera Barat (Sumbar), berencana menanam 1,2 hekatare (Ha) terumbu karang di sekitar perairan laut Pariaman.

Komandan Lantamal II Padang, Laksamana Pertama TNI, Dindin Kurniadi di Pariaman, Rabu, mengatakan rencananya penanamam sejumlah terumbu karang tersebut akan direalisasikan dalam waktu dekat ini.

"Rencananya 6 Agustus ini kami akan kembali melakukan rapat dengan pihak Pemerintah Kota Pariaman untuk membahas kegiatan tersebut," katanya.

Ia menjelaskan sebelumnya pihak Lantamal II Padang sudah menanam sebanyak 2.500 meter persegi di perairan Pariaman.

Ia menyebutkan, penanaman terumbu karang akan dilakukan secara bertahap. Pihaknya akan berusaha memenuhi target tersebut.

Ia berharap dengan adanya rencana penanaman terumbu karang tersebut dapat memunculkan serta mempertahankan habitat serta ekosistem laut yang ada.

"Dengan adanya penanaman tersebut juga diharapkan bisa meningkatkan pendapatan nelayan tradisonal yang lebih banyak," ucapnya.

Ia berharap semua pihak bisa menjaga serta memelihara terumbu karang yang ada maupun yang telah ditanami pihaknya.

Selain itu ia juga mengatakan, dengan adanya penanaman terumbu karang tersebut akan mampu memacu peningkatan destinasi wisata di daerah itu.

Sebelumnya Lantamal II telah melakukan penanaman 25 ribu terumbu karang jenis Acropora di sekitar perairan laut Pariaman.

Penanaman terumbu karang di sejumlah perairan laut yang ada di Indonesia, merupakan salah satu program yang tengah dicanangkan oleh TNI AL secara nasional dan salah satunya di perairan kota itu. (cpw11)