Rabu, 20 September 2017 - 29 Zulhijjah 1438 H

Sawahlunto Tetapkan Diri Jadi Kota Wisata Tambang

Danau bekas tambang di Kota sawahlunto.
Jakarta, (ANTARA) - Kota Sawahlunto di Sumatera Barat menetapkan diri dan tekadnya untuk menjadi kota wisata tambang yang berbudaya.

Direktur Pengembangan Pasar dan Informasi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), Sadar Pakarti Budi, di Jakarta, Jumat, mengatakan, Kota Sawahlunto di Sumatera Barat dalam 10 tahun terakhir ini mengukuhkan langkahnya dari kota industri tambang menjadi kota wisata tambang berbudaya.

"Pengukuhan itu sebagai solusi dan inovasi dalam melanjutkan gerak Kota Sawahlunto pada masa sekarang dan mendatang," katanya.

Menurut Sadar Pakarti Budi, dengan menyandang sebutan sebagai kota heritage tambang kelas dunia maka hal itu potensial menjadi daya tarik bagi wisatawan untuk berkunjung ke obyek wisata kota tambang tersebut.

Pada kesempatan yang sama Walikota Sawahlunto, Amran Nur, mengatakan, Sawahlunto di masa penjajahan Belanda pernah menyandang sebagai kota industri batubara ternama dunia.

"Namun, selama 120 tahun sumber daya alam itu ternyata tidak lagi memberikan harapan yang menggembirakan bagi kami. Bahkan dalam beberapa tahun terakhir lebih dari 10.000 orang pindah ke kota lain.

Kami tidak ingin Sawahlunto menjadi kota mati," katanya.

Oleh karena itu, sebagai upaya solutif pihaknya bertekad menjadikan kotanya sebagai kota wisata tambang berbudaya.

Salah satu acara skala nasional yang digelar adalah Sawahlunto Kreatif yang akan berlangsung di Theater Jakarta, Taman Ismail Marzuki (TIM), Jakarta, pada 30-31 Oktober 2012.

"Sawahlunto Kreatif ini sebuah gagasan untuk mengangkat dan memberdayakan berbagai potensi pariwisata, budaya, dan ekonomi kreatif Sawahlunto," katanya.

Berbudaya

Kasubdit Wilayah Sumatera Direktorat Pemasaran Pariwisata Dalam Negeri, Raseno Arya, mengatakan, perlu sinergi setiap komponen sebagai kekuatan untuk mendorong Sawahlunto menjadi kota wisata tambang yang berbudaya.

"Sawahlunto Kreatif telah mendapatkan respon positif dari banyak pihak, dukungan dan partisipasi tersebut tentunya menjadi energi untuk rangkaian kreativitas yang terselenggara jauh dari ranah Sawahlunto," kata Raseno Arya .

Rangkaian acara dalam Sawahlunto Kreatif yang akan digelar meliputi pameran ekonomi kreatif dan pariwisata Sawahlunto, demo dan pameran songket silungkang, kuliner Los Lambuang, pameran foto, pagelaran kesenian rakyat (talempong, randai, saluang, rabab, dan kim).

Pagelaran seni tari yang akan digelar adalah Restorasi Songket Silungkang karya koreografer Hartati dan fashion show oleh Ria Miranda dengan tema Minangkabau Heritage.

Malam puncak Sawahlunto Kreatif dimeriahkan dengan acara gala dinner banjamba yang akan dihadiri Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Mari Elka Pangestu, Gubernur Sumbar Irwan Prayitno, dan Ketua DPD Irman Gusman.

Sawahlunto Kreatif mendapatkan dukungan dari berbagai pihak antara lain Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Pemprov Sumbar, PT Bukit Asam, PT Semen Padang, Dekranasda Prov Sumbar, Badan Pelestarian Pusaka Indonesia, serta Jaringan Kota Pusaka Indonesia. (*/sun)

Editor : Mukhlisun

COPYRIGHT © ANTARASUMBAR 2017

Perspektif
Oleh : Riko Syaputra
Lubuk Sikaping, (Antara Sumbar) - Petugas Rumah Tahanan kelas II B Lubuk Sikaping kembali kecolongan setelah satu warga binaannya ...
Baca Juga