Pemerintah Percepat Pembangunan 46.000KM Transmisi Listrik

id Pemerintah, Percepat, Pembangunan, 46.000KM, Transmisi, Listrik

Pemerintah Percepat Pembangunan 46.000KM Transmisi Listrik

Jakarta, (AntaraSumbar) - Pemerintah mempercepat proyek pembangunan listrik 35.000 megawatt dengan mulai membangun transmisi sepanjang 46.000 kilometer.

Hal itu dibahas dalam rapat terbatas yang digelar di Kantor Wakil Presiden Jakarta, Kamis, yang dihadiri oleh Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Sudirman Said, Menteri Perindustrian Saleh Husin dan Direktur Utama Perusahaan Listrik Negara Sofyan Basir.

"Kami bersama Wapres (Jusuf Kalla) tadi rapat mencari solusi bagaimana mempercepat pembangunan 35.000 megawatt dan soal mempercepat pembangunan transmisi," kata Menteri ESDM Sudirman Said usai rapat.

Dia menjelaskan transmisi tersebut akan dibangun secara massal dengan melibatkan berbagai pihak industri dalam negeri serta para pengusaha menengah di daerah.

Sementara itu, Dirut PLN Sofyan Basir menjelaskan rencana pembangunan transmisi sepanjang 46.000 kilometer tersebut berlangsung selama tiga hingga empat tahun ke depan, sehingga diharapkan selesai lebih cepat daripada pembangunan pembangkitnya.

"Segala sesuatunya sudah terukur, standarnya, harganya dan itu sangat membantu PLN untuk tidak terjadi masalah di lapangan. Mudah-mudahan ini bisa terlaksana dalam tiga hingga empat tahun ke depan," kata Sofyan.

Tantangan Pemerintah dalam mewujudkan proyek pembangkit listrik 35.000 megawatt tersebut antara lain terkait perizinan dan pembebasan lahan di daerah.

Perencanaan pembangunan lima sektor, yaitu galangan kapal, pembangkit listrik, sistem air bersih, telekomunikasi dan sistem kereta api, akan dimajukan sebagai upaya mempercepat realisasi pembangunan pada 2016.

Perencanaan proyek dari lima sektor itu akan digarap di trimester ke empat tahun 2015, yakni Oktober, November dan Desember, sehingga Januari 2016 proyek tersebut bisa langsung berjalan. (*)