Sepuluh Jabatan Strategis TNI AD akan Diserahterimakan

id TNI AD

Depok, (Antara) - Sepuluh jabatan strategis TNI Angkatan Darat akan diserahterimakan melalui upacara serah terima jabatan yang dipimpin oleh Kepala Staf TNI AD Jenderal TNI Mulyono di Lapangan Hitam, Markas Divisi I/Kostrad, Cilodong, Depok, Jawa Barat, Jumat.

Sepuluh perwira tinggi TNI AD yang akan menerima serah jabatan hari ini, yakni Pangkostrad Mayjen TNI Edy Rachmayadi, mantan Panglima Kodam I/Bukit Barisan; Komandan Kodiklat TNI AD Mayjen TNI Agus Sutomo; Pangdam II/Sriwijaya Mayjen Purwadi Mukson, mantan Wadan Kodiklat TNI AD; Pangdam IV/Diponegoro Mayjen Jaswandi, mantan Aspers KSAD.

Selain itu, Pangdam XVI/Pattimura Mayjen Doni Monardo, mantan Danjen Kopassus; Pangdam V/Brawijaya Mayjen Sumardi, mantan Gubernur Akmil; Danjen Kopassus Brigjen TNI Muhammad Herindra, mantan Kasdam III/Siliwangi; Komandan Sesko TNI AD (Seskoad) Brigjen Pratimun, mantan Wadan Seskoad; Komandan Pusat Polisi Militer TNI AD Brigjen Dodik Widjanarko, mantan Wadan Puspomad dan Gubernur Akmil Brigjen Hartomo, mantan Danpusintel TNI AD.

Kepala Dinas Penerangan TNI AD (Kadispenad) Brigjen TNI Wuryanto mengatakan pelaksanaan serah terima jabatan kali ini cukup istimewa karena serah terima jabatan (sertijab) biasanya dilakukan di dalam ruangan di Mabesad, kini dilaksanakan di depan pasukan.

"Cilodong dipilih sebagai tempat sertijab karena lebih representatif dan untuk lebih mendekatkan diri dengan masyarakat," kata Wuryanto di lokasi.

Menurut dia, sertijab dilakukan secara bersamaan juga dimaksudkan untuk efisiensi waktu karena pada saat ini pejabat-pejabat tersebut harus segera melaksanakan tugas barunya di satuan masing-masing.

Para prajurit peserta upacara dari berbagai kesatuan di TNI AD sudah berkumpul di sisi lapangan. Sejumlah alutsista juga disiapkan untuk memeriahkan acara, seperti kendaraan tempur tank Leopard, tank Scorpion, dan beberapa meriam. (*)