Menperin: Mari Bekerja Sama Bangun Industri Nasional

id Bangun, Industri, Nasional

Jakarta, (AntaraSumbar) - Menteri Perindustrian Saleh Husin mengajak semua pihak bekerja sama membangun industri nasional agar bisa berkembang dan bersaing di dunia internasional.

"Semua pihak harus bahu-membahu membangun industri nasional agar terus berkembang," ujar Saleh kepada Antara di Jakarta, Sabtu.

Menurut Saleh, sampai hampir 70 tahun Kemerdekaan Republik Indonesia, perindustrian nasional terus menuju ke arah yang lebih positif.

"Memang terkadang mengalami penurunan, namun biasanya tidak terlalu signifikan," katanya.

Karena itu, Saleh meminta warga Indonesia tidak khawatir menyambut kebijakan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) yang akan bergulir pada akhir tahun 2015.

Kebijakan yang memudahkan barang dan jasa pekerja keluar masuk negara-negara wilayah ASEAN ini dianggap Menteri Perindustrian tidak akan berdampak buruk terhadap industri nasional.

"Saya kira MEA tidak perlu dikhawatirkan. Industri nasional pasti dapat bersaing," ujarnya.

Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) sendiri akan dimulai pada Desember 2015. Nantinya sebuah negara di Asia Tenggara bisa menjual barang dan jasa dengan mudah ke negara-negara lain di seluruh Asia Tenggara.

Selain itu, MEA tidak hanya membuka arus perdagangan barang atau jasa, tetapi juga pasar tenaga kerja profesional, seperti dokter, pengacara, akuntan, jurnalis dan lain-lain. (*)