Seribu Merah Putih Dikibarkan di Puncak Geurute

id Seribu, Merah Putih, Dikibarkan, di, Puncak, Geurute

Seribu Merah Putih Dikibarkan di Puncak Geurute

Ilustrasi. (ANTARA FOTO/Regina Safri)

Banda Aceh, (AntaraSumbar) - Seribu lembar bendera merah putih dikibarkan di puncak dan sepanjang jalan di Gunung Geurute, Kabupaten Aceh Jaya, menandai masuknya bulan Kemerdekaan RI di daerah itu.

Pengibaran diawali dengan upacara di puncak Gunung Geurute, Sabtu.

Upacara pengibaran dipimpin Wakil Bupati Aceh Jaya Tgk Maulidi. Upacara yang berlangsung sederhana tersebut dihadiri Komandan Kodim 0114 Letkol Inf Deki Z, anggota legislatif, serta diikuti puluhan pelajar, pemuda, dan tokoh masyarakat maupun unsur TNI/Polri.

Wakil Bupati Aceh Jaya Tgk Maulidi mengatakan pengibaran bendera ini dilakukan dalam rangka menyambut Kemerdekaan ke-70 RI. Pengibaran di Gunung Geuture merupakan rangkaian pengibaran bendera secara di seluruh Aceh.

"Pengibaran di puncak Geurute memiliki makna penting. Di sini kita meresapi perjalanan kemerdekaan Indonesia. Dengan upacara ini, kita menunjukkan Aceh tidak bisa terpisahkan dari NKRI," ungkap dia.

Pada kesempatan itu, Tgk Maulidi mengingatkan seluruh komponen masyarakat bahwa ancaman bukan hanya datang dari luar, tetapi juga dari dalam. Ancaman ini harus disikapi dengan terus menjaga persatuan dan kesatuan.

Ancaman ini ditandai dengan marak narkoba, dan lainnya yang merusak kultur masyarakat serta nasionalisme. Jangan ini sampai terjadi. Karena itu, eebagai komponen masyarakat kita harus menjaga keutuhan NKRI," kata Tgk Maulidi.

Gunung Geurutee berjarak sekitar 60 kilometer arah selatan Provinsi Aceh. Gunung dengan ketinggian 500 meter dari pemukaan laut ini dikenal dengan keindahan panorama alamnya. (*)