PLN Agam Rugi Rp500 Juta

id PLN, Agam, Rugi, Rp500 Juta

PLN Agam Rugi Rp500 Juta

Ilustrasi pekerja melakukan perbaikan jaringan listrik. (antarasumbar.com/Joko Nugroho)

Lubuk Basung, (AntaraSumbar) - PT PLN Rayon Lubuk Basung, Kabupaten Agam, Sumatera Barat, mengalami kerugian sekitar Rp500 juta akibat bencana alam melanda daerah itu sejak Januari sampai Juli 2015.

Manajer PT PLN Rayon Lubuk Basung, Yotrizal di Lubuk Basung, Sabtu, mengatakan kerugian sekitar Rp500 juta ini dihitung dari kerusakan tiang listrik, jaringan dan penyaluran KWH.

"Ini data yang kita himpun setelah bencana longsor yang terjadi di Palembayan dan angin puting beliung di Kecamatan Lubuk Basung," katanya.

Pada Maret 2015, tambahnya, sebanyak enam tiang atau gawang listrik tegangan menengah dipindahkan di Marambuang Kecamatan Palembayan, akibat badan jalan di kawasan itu terban setelah curah hujan melanda daerah itu.

Sementara di Lubuk Basung sebanyak delapan tiang listrik tegangan menengah patah setelah puting beliung melanda daerah itu pada Senin (20/7).

"Saat itu terjadi gangguan di kawasan Kecamatan Lubuk Basung, Tanjung Mutiara dan lainnya beberapa hari, karena arus listrik disuplai dari Simpang Ampek Pasaman dan Pariaman," katanya.

Selain itu, empat tiang listrik di Palembayan patah setelah ditimpa pohon bambu pada Rabu (23/7).

Untuk mengatasi gangguan ini, pihaknya melakukan koordinasi dengan PLN Wilayah untuk pemasangan tiang baru dan beberapa hari setelah kejadian, penyaluran listrik kembali normal diterima pelangan.

"Dua hari setelah kejadian, tiang listrik ini sudah selesai dipasang dan penyaluran listrik kembali normal," katanya.

Agar gangguan ini tidak terjadi, PLN Rayon Lubuk Basung menurunkan tim untuk memangkas rating pohon yang ada di sekitar jaringan.

Dalam memangkas pohon tersebut, pihaknya melakukan koordinasi dengan masyarakat setempat.

Dengan cara ini, maka tidak ada pemadaman listrik sehingga pelanggan tidak kecewa nantinya.

"Ini merupakan komitmen kami dan saya meminta maaf kepada pelanggan akibat pemadaman yang dilakukan beberapa hari lalu," katanya.

Ia menambahkan, pelanggan PLN Rayon Lubuk Basung saat ini sebanyak 39.292 pelanggan yang tersebar di Unit Lubuk Basung, Unit Palembayan, Unit Batu Kambiang, Unit Maninjau, Unit Tiku, Unit Batu Nanggai dan Unit Padang Koto Gadang.

PLN Agam Rugi Rp500 Juta Akibat Bencana

Ke 39.292 pelanggan ini terdiri dari yakni, sebanyak 29.045 pascabayar dan sebanyak 10.247 prabayar. (*)