Khofifah Ajak Doakan Kesuksesan Muktamar NU

id Khofifah, Ajak, Doakan, Kesuksesan, Muktamar, NU

Surabaya, (AntaraSumbar) - Ketua Umum Pengurus Pusat Muslimat Nahdlatul Ulama Khofifah Indar Parawansa mengajak masyarakat, khususnya warga Nahdliyin, mendoakan kesuksesan Muktamar ke-33 NU yang digelar 1-5 Agustus 2015 di Jombang, Jawa Timur.

"Saya sebagai Ketua Umum PP Muslimat NU yang merupakan salah satu badan otonom organisasi, mengajak bersama mendoakan Muktamar lancar dan sukses," ujarnya di sela menghadiri Halal Bihalal Keluarga Besar Yayasan Khadijah di Kompleks Perguruan Khadijah di Surabaya, Sabtu.

Selain berdoa bersama, dirinya atas nama pribadi maupun organisasi menyampaikan mohon maaf yang sebesar-besarnya kepada pengurus, anggota hingga semua yang terlibat dalam keluarga besar Yayasan Khadijah.

"Mumpung masih memasuki Syawal minggu ke-3 dan suasana Idul Fitri 1436 Hijriah, saya Khofifah Indar Parawansa mohon maaf yang sebesar-besarnya," kata Ketua Yayasan Taman Pendidikan dan Sosial Nahdlatul Ulama (YTPSNU) Khadijah Surabaya tersebut.

Pada kesempatan itu, Menteri Sosial tersebut juga menyampaikan pendapatnya terkait Muktamar yang rencananya akan dibuka nanti malam oleh Presiden RI Joko Widodo di Alun-Alun Jombang.

Menurut dia, sebagai organisasi Islam terbesar bukan hanya di Indonesia, namun di dunia karena memiliki lebih dari 67 juta anggota, NU harus benar-benar mampu berjuang demi kemaslahatan umat.

Pada kesempatan itu, menteri kelahiran Surabaya tersebut menilai sistem pemilihan "ahlul halli wal 'aqdi" atau AHWA (musyawarah untuk mufakat) yang sedianya digunakan dalam Muktamar kali ini untuk ditelaah dan didalami oleh seluruh peserta atau muktamirin.

"Saya bukan menolak sistem ini, tapi masih harus butuh proses panjang. Pikiran yang menggantikan pola demokrasi dari bawah perlu proses untuk melakukan telaah dan pendalaman, dengan menyertakan seluruh institusi struktural NU," ucapnya.

Muktamar ke-33 NU diselenggarakan pada 1-5 Agustus 2015 di empat pondok pesantren di Jombang, yakni Tebuireng, Tambakberas, Darul Ulum dan Denanyar. (*)