Hypermart Mataram Terbakar

id Hypermart, Mataram, Terbakar

Mataram, (AntaraSumbar) - Kebakaran, yang diperkirakan merugikan puluhan miliar rupiah, melanda pusat perbelanjaan Hypermart di kawasan Abian Tubuh, Kota Mataram, Nusa Nusa Tenggara Barat, Minggu pagi.

Hingga pukul 09.00 waktu setempat, api belum dapat dijinakkan meski belasan mobil pemadam kebakaran (damkar) dari Kota Mataram dan Kabupaten Lombok Barat dibantu mobil water cannon dari Polda NTB dan Polres Mataram, dikerahkan ke lokasi.

"Kami terima informasi kebakaran sekitar pukul 05.30 Wita," kata Kapolres Mataram AKBP Bambang Sumitro, di tempat kejadian, Minggu.

Dia menjelaskan, dalam kebaran tersebut pihaknya bertugas mengamankan lokasi dan membantu proses pemadaman dibantu personil polisi dan masyarakat, termasuk mengamankan lokasi kebakaran bersama aparat dari TNI.

"Sampai sekarang belum ada laporan mengenai korban jiwa," ujarnya.

Menurutnya, penyebab kebakaran belum dapat disimpulkan, namun diduga sumber api berasal dari salah satu ruangan yang menjual barang-barang elektronik di Hypermart.

"Kalau sumber api belum bisa dipastikan dan kami tidak ingin berandai-andai apa penyebabnya. Tetapi dari kondisi kita lihat 90 persen bangunan terbakar," katanya.

Ia menambahkan, untuk mengetahui penyebab pasti kebakaran, pihaknya akan berkoordinasi terlebih dahulu dengan tim Laboratorium Forensik Mabes Polri yang akan memeriksanya.

Sementara itu, Manager Hypermart Abian Tubuh Mataram, Urip Heriyanto mengatakan mendapat kabar kebakaran dari salah seorang staf teknisi yang bertugas pada Minggu pagi, sekitar pukul 06.00 Wita.

"Saat berada di lokasi, api sudah membesar dan membakar seluruh bangunan," ujarya.

Akibat kebakaran itu, pihaknya mengakui mengalami kerugian hingga puluhan miliar, karena hampir seluruh bangunan dan barang yang dijual ikut hangus. Namun, pihaknya tidak menerima laporan adanya korban jiwa.

"Kalau kerugian kita perkirakan sampai puluhan miliar," kata dia. (*)