"Water Cannon" Polda NTB Padamkan Kebakaran Hypermart

id Hypermart, Mataram, Terbakar

Mataram, (AntaraSumbar) - Tiga mobil water cannon Polda NTB dan Polres Mataram diperbantukan untuk memadamkan kebakaran gedung pusat perbelanjaan Hypermart Kota Mataram, Minggu pagi.

Kendaraan dengan tangki air bertekanan tinggi itu diperbantukan mendukung delapan mobil pemadam milik Pemerintah Kota Mataram dan Pemerintah Kabupaten Lombok Barat untuk menganggulangi amukan api.

"Delapan mobil pemadam kebakaran dari Kota Mataram, tiga dari Kabupaten Lombok Barat, dibantu tiga unit mobil water cannon dari Polda NTB dan Polres Mataram," kata Kepala Kantor Pemadam Kebakaran Kota Mataram, Abdul Kadir, Minggu.

Pihaknya mengaku terbatasnya mobil pemadam kebakaran sehingga kesulitan memadamkan si jago merah, ditambah arus lalu lintas menuju lokasi dipenuhi masyarakat yang ingin menonton.

Sementara, penyebab kebakaran pihaknya belum dapat memastikan, namun diduga karena ada arus pendek listrik.

"Tetapi nanti itu pihak polisi yang akan menentukan, apakah karena arus pendek listrik atau ada penyebab lain," ujarnya.

Dia menjelaskan, menerima informasi kebakaran sekitar pukul 05.00 Wita. Dalam kebakaran tersebut, selain mobil pemadam kebakaran, pihaknya mengerahkan 70 orang personel.

Salah seorang saksi Roni petugas keamanan Hypermart kepada wartawan mengakui kobaran api terlita sekitar pukul 05.00 Wita. Diperkirakan sumber api berasal dari salah satu ruangan yang menjual barang elektronik.

"Awalnya api masih kecil, terus menjalar dari selatan terus ke utara bangunan. Kami sudah mencoba padamkan api menggunakan alat pemadam api yang ada di dalam bangunan tetapi api tidak bisa dipadamkan karena sudah membesar," katanya. (*)