Sebagian Penumpang Citilink Telah Dipulangkan

id Citilink Tergelincir di BIM

Sebagian Penumpang Citilink Telah Dipulangkan

Seorang penumpang memakai handuk usai evakuasi pesawat Citilink di Bandara Internasional Minangkabau (BIM), Padangpariaman, Sumatera Barat, Minggu (2/8).(Foto Iggoy El Fitra)

Padang, (Antara) - Sebagian penumpang Citilink yang tergelincir di Bandara Internasional Minangkabau (BIM) di Padang Pariaman, Sumatera Barat (Sumbar), telah dipulangkan.

"Sebagian ada yang telah dipulangkan, ada juga yang diinapkan di sejumlah hotel di Padang," kata Distrik Sales Manager Citilink Padang, Sugiarto di Padang, Minggu.

Ia mengatakan, bagi penumpang yang rumahnya jauh karena sudah malam pihak Citilink menyiapkan penginapan ke beberapa hotel yang ada di Padang.

"Semua biaya ditanggung oleh Citilink dan untuk bagasi penumpang juga sudah ditangani," ujar dia.

Sementara, salah seorang penumpang Citilink Pinto Janir mengatakan pada awalnya ia ditawarkan oleh pihak Citilink untuk menginap di hotel.

"Tapi karena berdasarkan hasil pemeriksaan tidak ada masalah , saya memutuskan pulang ke Bukittinggi," ujar dia.

Citilink dengan kode penerbangan QG 7970 rute Jakarta-Padang tergelincir saat mendarat di Bandara Internasional Minangkabau di Padang Pariaman, Minggu malam.

"Pesawat tergelincir saat mendarat pukul 19.30 WIB, saat itu cuaca dalam kondisi hujan di landasan pacu," kata Vice President Corporate Communication Citilink Indonesia Benny Butarbutar.

Menurut Beny, pesawat yang mengangkut 174 penumpang tersebut saat ini dilaporkan masih berada di ujung landasan dan semua penumpang dipastikan selamat.

Ia mengatakan, insiden ini sudah dilaporkan ke Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) dan untuk penyebab masih harus menunggu penyelidikan terlebih dahulu.

"Namun kami telah meminta pihak Angkasa Pura untuk membantu menarik pesawat dari titik tergelincir," kata dia.

Sementara, hingga saat ini hujan deras masih mengguyur kota Padang yang terjadi sejak pukul 15.00 WIB.

Analisis Forecaster Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Ketaping Syahbana Syam menyampaikan hujan terjadi di Kabupaten Padang Pariaman, Kepulauan Mentawai, Pasaman, Padang Panjang, Pesisir Selatan, Agam hingga kota Padang. (*)