IASMA Bukittinggi Adakan Kegiatan Operasi Katarak Gratis

id Operasi Katarak Gratis

Bukittinggi, (Antara) - Ikatan Alumni SMAN-1 (IASMA) Kota Bukittinggi, Sumatera Barat (Sumbar) bekerja sama dengan Persatuan Dokter Ahli Mata Indonesia (Perdami) Sumbar mengadakan kegiatan operasi katarak gratis bagi warga kurang mampu di Kabupaten Agam dan Kota Bukittinggi.

Pembina Tim Peduli Kemanusiaan IASMA dari angkatan 68, Mazni Harun, Senin, mengatakan program operasi katarak gratis itu merupakan agenda rutin, dan ini adalah kegiatan ke enam yang dilaksanakan pada 31 Juli hingga 2 Agustus 2015 di Rumah Sakit Achmad Mochtar Bukittinggi.

Pada 2010 pasien yang mengikuti operasi katarak gratis mencapai 38 orang, 2011 naik menjadi 41 orang, 2012 terjadi lonjakan signifikan mencapai 96 orang, 2013 meningkat menjadi 129 orang, dan 2014 120 orang.

Ketua pelaksana operasi katarak gratis ke enam dari angkatan 90, Ulya Maksum mengatakan, sebanyak 350 orang pasien sudah mendaftar dalam program operasi katarak gratis kali ini, dan setelah mengikuti pemeriksaan kesehatan di aula SMA Negeri Satu Landbouw Bukittinggi pada Jumat (31/7), hanya 104 orang yang diperbolehkan matanya untuk dioperasi

Pasien yang mendaftar ulang 186 orang, positif katarak 88 orang dan peterigium atau lemak mata 16 orang, di samping itu ada 16 pasien yang mengundurkan diri karena alasan keluarga, jauhnya domisili, serta 66 orang dikategorikan katarak immature atau penyakit katarak yang diderita pasien belum matang, sehingga tidak dapat dioperasi, terangnya.

Ulya Maksum menambahkan, pasien yang telah mendaftar dan layak untuk dioperasi dibagi ke dalam dua kelompok, sehingga memudahkan dalam proses yang diperkirakan satu pasien dioperasi dalam waktu 15 menit

Pendaftaran dimulai sejak Juni 2015 di puskesmas terdekat se-Kota Bukittinggi, Kabupaten Agam dan di sekretariat SMA Negeri 1, dengan target peserta 250 pasien, namun dengan gencarnya promosi, peserta yang mendaftar melebihi target, jelasnya. (*)