Unand Kirim 29 Peserta Lomba MTQM Nasional

id MTQM Nasional

Padang, (Antara) - Universitas Andalas (Unand) Padang, Sumatera Barat (Sumbar) mengirimkan 29 peserta untuk mengikuti lomba Musabaqah Tilawatil Quran tingkat Mahasiswa (MTQM) nasional di Universitas Indonesia pada 1-8 Agustus.

"Peserta terdiri atas 29 mahasiswa dari 15 fakultas dan akan mengikuti 13 cabang yang akan diperlombakan," kata Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Unand Aprisal, di Padang, Senin.

Dia menyebutkan ke-13 cabang yang diikuti Unand tersebut yakni Tartil, Tilawatil, Kaligrafi, Qiraat Sabaah, Debat Kandungan Al-Quran bahasa Arab dan Inggris dengan perwakilan masing-masing sebanyak dua orang.

Kemudian karya tulis ilmiah kandungan Al-Quran dan desain aplikasi komputer Al-Quran yang masing-masingnya terdiri atas tiga orang perwakilan mahasiswa.

Sementara untuk jenis hafalan Al-Quran atau Hafiz, Unand mengirimkan masing-masing dua orang, baik itu untuk 1, 2, 5 Juz, imbuhnya.

"Kami berharap para mahasiswa tersebut dapat mengharumkan nama institusi perguruan tingginya setelah mengalami kegagalan pada MTQ sebelumnya," kata Aprisal.

Pada MTQ sebelumnya 2013, Unand yang bertindak sebagai tuan rumah gagal memperoleh prestasi tertinggi.

Pada saat itu wakil dari Unand hanya mendapat juara kedua kategori lomba Qiraat Sabah Putri, katanya.

Padahal sebelumnya pada 2007 dan 2009, Unand memperoleh peringkat II dan III kategori umum, imbuhnya.

Untuk itu, dia berharap para mahasiswa yang berlomba itu dapat berjuang keras untuk mendapat juara di masing-masing kategorinya.

Mengingat, katanya, persiapan untuk lomba kali ini jauh lebih baik dari sebelumnya.

Sementara itu dosen bidang hukum Agama Islam, Yaswirman, mengatakan, kunci untuk memperoleh juara dalam lomba MTQ lebih pada itikadnya.

Artinya mahasiswa berlomba bukan hanya untuk meraih juara saja, namun juga berupaya memberikan penghayatan saat melafalkan ayat-ayat Al-Quran tersebut, tambahnya. (*)