Lima Atlet Tarung Derajat Agam Ikut Pra PON

id Atlet, Tarung, Derajat, Agam, PraPON

Lubuk Basung, (AntaraSumbar) - Sebanyak lima atlet cabang olahraga tarung derajat Kabupaten Agam, mewakili Provinsi Sumatera Barat pada Pra Pekan Olahraga Nasional (PON) di Bali pada Oktober 2015.

Pelatih Tarung Derajat Agam, Darman Syarif di Lubuk Basung, Senin, mengatakan kelima atlet tarung derajat itu yakni, Rafid Rio Zola di klas 52 kg, Hendika Ramadoni di klas 58 kg, Weli Akbar di klas 61 kg, Puja Putra 64 kg dan Elsa Aulia di klas 50 kg.

"Kelima atlet tarung derajat ini merupakan atlet berprestasi yang dimiliki Agam, karena mereka menyumbangkan medali emas saat Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sumbar di Dharmasraya pada Desember 2014," katanya.

Selain lima atlet ini, juga ada satu atlet tarung derajat Agam atas nama Ilham Saputra di klas 45 kilogram, mewakili Sumbar untuk mengikuti Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) di Bandung pada September 2015.

Saat ini, tambahnya, ke enam atlet tarung derajat Agam ini mengikuti "Training Center" (TC) di Padang.

"Training Center ini akan digelar selama dua bulan dengan jadwal setiap Selasa dan Sabtu," katanya.

Ia menambahkan, tarung derajat Agam merupakan kali pertama mengikuti Popnas. Sementara untuk Pra PON sudah dua kali dan satu kali mengikuti PON.

Selain itu, tarung derajat juga sudah mencetak juara umum kejuaraan daerah. "Ini akan kami pertahankan untuk tahun-tahun selanjutnya, karena atlet tarung derajat Agam yang berdiri semenjak 2002 disegani oleh kabupaten dan kota lainnya di Sumbar," katanya.

Saat Kejuaraan Daerah (Kejurda) tarung derajat pada Mei 2015, Agam meraih lima medali emas, dua perak dan satu perunggu dari delapan atlet yang diturunkan.

Dengan kondisi ini, ia berharap agar atlet jangan berbesar hati dan diminta untuk terus berlatih, sebab masih banyak ivent yang akan diikuti lagi. (*)