Damkar: 57 Kebakaran Telah Terjadi di Pariaman

id kebakaran, pariaman, 2015

Pariaman, (AntaraSumbar) - Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Pariaman, Sumatera Barat, menyebutkan 57 kasus kebakaran telah terjadi di daerah itu sepanjang 2015.

Kepala UPTD Pemadam Kebakaran (Damkar) Pariaman, Ali Imran di Pariaman, Senin, mengatakan kebakaran tersebut terjadi di berbagai titik di daerah itu.

Ia menyebutkan, selama satu minggu Hari Raya Idul Fitri 1436 Hijriah telah terjadi tujuh kasus kebakaran di daerah itu.

"Angka kebakaran memang cukup tinggi, saat Lebaran saja dalam satu hari ada terjadi dua kasus kebakaran," kata dia.

Selama satu minggu usai Lebaran tersebut, katanya, memang terjadi tujuh kasus kebakaran namun tidak ada memakan korban jiwa.

Terhitung sejak 1 Januari hingga saat ini diperkirakan masyarakat sudah mengalami kerugian mencapai puluhan miliar rupiah.

Dalam menjalankan tugas, katanya, pihak Damkar sendiri difasilitasi dengan tiga unit mobil khusus operasional pemadam api, satu unit jenis Carry, dan satu unit mobil Rescue.

Ia berharap pemerintah setempat agar dapat menambah satu unit mobil operasional lagi, karena dikawatirkan pihaknya tidak bisa melayani apa bila terjadi kebakaran besar.

Saat kebakaran terjadi, dalam satu unit mobil akan ditunggangi tujuh orang personil pemadam, satu orang pengemudi, tiga orang bertugas mengoperasikan nozel air, satu orang sebagai operator dan dua orang bertugas untuk mengarahkan selang air.

Ali mengatakan, selama ia bertugas di lapangan pihaknya juga pernah mengeluhkan perilaku para masyarakat yang juga ingin berebut selang air sehingga memperlambat pihak pemadam dalam mejalankan tugas.

"Kami sangat paham jika masyarakat cukup panik jika terjadi kebakaran, namun terkadang msih ada warga yang tidak paham dengan tugas pokok kita," katanya. (cpw11)