MTQ Sungayang untuk "Membumikan" Al Quran

id MTQ, Sungayang, TanahDatar

Batusangkar, (AntaraSumbar) - Wakil Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi membuka Musabaqah Tilawatil Al Quran (MTQ) Nasional Kecamatan Sungayang ke-1 di Masjid Baiturahman Sungayang, Selasa.

"Melalui MTQ Nasional ke-1 tingkat Kecamatan Sungayang ini kita mantapkan pembumian Al Quran menuju masyarakat Qurani dan madani," kata Wabup Irdinansyah saat membacakan tema MTQ pada pembukaan acara.

Ia menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada panitia yang telah mempersiapkan dan melaksanakan kegiatan MTQ ini.

"Terima kasih kepada panitia dan semua pihak yang telah membantu terlaksananya kegiatan ini," katanya.

Wabup menyampaikan pelaksanaan MTQ ini dapat bersinergi dengan capaian prestasi di ajang yang sama di tingkat kabupaten.

"Kegiatan MTQ ini bukan seremonial saja, namun mampu membentuk akhlak generasi muda untuk lebih baik," katanya.

Sementara itu, Ketua Panitia Afrizon mengatakan ajang MTQ bukan sekedar sarana syiar agama saja, tapi menjadi ukuran keberhasilan TPA/TPSA menghasilkan generasi muda dan anak didik yang cinta Al Quran.

Ketua LPTQ Kecamatan Sungayang ini menyampaikan MTQ Sungayang dilaksanakan selama 10 hari, 4--14 Agustus 2015 yang tersebar di lima nagari.

Kegiatan lomba yang dilaksanakan terdiri dari qasidah rebana antar TPA, shalawat badar antar SD, tilawah dewasa, remaja, TK, anak-anak, dan lansia.

Kemudian Tartil umum, dasar dan menengah, musabaqah syahril dan fahmil Quran, tahfizd 1 juz tilawah, khatil Quran, khutbah Jumat shalat fardu, dan zikir.

Kegiatan MTQ ini diawali pawai taaruf yang diikuti ratusan peserta, murid TPA, dan dimeriahkan grup marching band melewati jalan utama Kecamatan Sungayang serta disaksikan masyarakat setempat.

Pada kesempatan itu juga hadir Camat Sungayang Liza Martini, Muspika, dan walinagari se-Kecamatan Sungayang. (*)