Koramil Lubuk Basung Perbaiki Irigasi

id Koramil, Lubuk, Basung, Perbaiki, Irigasi

Lubuk Basung, (AntaraSumbar) - Komando Rayon Militer 03 Lubuk Basung, Kabupaten Agam mengerahkan puluhan prajurit untuk memperbaiki irigasi rusak di Silayang Jorong VI Parik Panjang, Nagari Lubuk Basung.

Komandan Komando Rayon Militer (Danramil) 03 Lubuk Basung, Mayor Yondri di Lubuk Basung, Selasa, mengatakan pihaknya mengerahkan 12 prajurit untuk memperbaiki irigasi yang rusak dengan panjang sekitar 50 meter, akibat curah hujan yang cukup tinggi melanda daerah itu beberapa bula lalu.

"Kami mengerahkan anggota semenjak Jumat (31/7) dan sampai irigasi itu selesai diperbaiki pada Minggu (2/8). Anggota melakukan perbaikan itu bersama warga setempat yang dibantu alat berat dari Pemkab Agam," katanya.

Agar irigasi ini tahan lama, pihaknya meminta wali jorong agar mengajukan dana ke Pemkab Agam untuk pemasangan bronjong, sehingga lokasi itu tidak terban saat curah hujan tinggi.

"Ini harus dilakukan agar irigasi yang mengairi lahan pertanian warga sekitar 500 hektare, tidak rusak apabila curah hujan melanda daerah itu," katanya.

Sementara itu, Wali Jorong VI Parik Panjang, Tarmizi mengucapkan terima kasih kepada Koramil 03 Lubuk Basung yang telah mengerahakan prajurit untuk memperbaiki irigasi tersebut.

Sebelumnya, pihaknya telah melaporkan kondisi ini ke intansi terkait dan berharap dalam waktu dekat Pemkab Agam mengerahkan dana untuk pemasangan bronjong.

Ia menambahkan, akibat irigasi ini jebol sekitar 500 hektare lahan pertanian tidak bisa diairi, sehingga sebagian petani menanam jagung dilahan mereka.

"Apabila tidak kita sikapi secepatnya, maka petani tidak bisa mengolah lahan mereka untuk menanam padi," katanya. (*)