Pemkot Alokasikan Rp100 Juta Operasional Mesin Kemasan

id Padangpanjang, Alokasikan, Rp100 Juta, Operasional, Mesin, Kemasan

Padang Panjang, (AntaraSumbar) - Pemerintah Kota Padang Panjang mengalokasikan dana sebesar Rp100 juta untuk operasional mesin kemasan bantuan dari Kementerian Perindustrian.

"Kami sudah mengalokasi dana pendampaing bantuan mesin kemasan dari Kemenperin di Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD)," kata Kepala Dinas Koperasi UMKM Perindustrian dan Perdagangan Kota Padang Panjang, Reflis di Padang Panjang, Selasa.

Dia mengatakan, mesin kemasan itu akan dipergunakan oleh Industri Kecil Menengah (IKM) yang ada di Padang Panjang dalam menunjang pemasaran setiap produk pelaku usaha.

"Produk yang dihasilkan oleh IKM akan dikemas dengan rapi dan menarik dengan mempergunakan mesin kemasan itu, sehingga bernilai jual tinggi," ujarnya.

Menurut dia, selama ini kemasan produk IKM di Padang Panjang belum maksimal tampilannya, sehingga kurang manarik konsumen untuk meliriknya.

"Dengan adanya mesin kemasan itu, maka produk IKM bisa berkompetitif di pasaran, baik itu pasar tradisional maupun modern," sebutnya.

Mesin itu nantinya kata dia, akan disediakan tempat dan ruangan khusus, sehingga pelaku usaha yang ada di Padang Panjang tidak kesulitan mempergunakannya.

"Lokasinya di kawasan pondok desain dan promosi yang berada di Kelurahan Bukit Surungan atau yang dinamakan sekarang senja kenangan," katanya.

Salah seorang pelaku usaha sepatu, Pardi menyambut baik bantuan mesin kemasan yang diberikan oleh Kementerian Perindustrian tersebut.

"Ini waktunya bagi IKM untuk berinovasi dalam menghadapi persaingan global, sehingga produk yang dihasilkan bisa dilirik konsumen," ujarnya. (*)