Padangpariaman Targetkan Tangkapan Ikan 37 Ribu Ton

id padangpariaman, tangkapan, ikan

Padangpariaman Targetkan Tangkapan Ikan 37 Ribu Ton

Nelayan menata jaring ikan saat persiapan melaut di Muara Desa Munjung Agung, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah. (ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah)

Padangpariaman, (AntaraSumbar) - Pemerintah Kabupaten Padangpariaman, Sumatera Barat, memberikan bantuan mesin kapal kepada 15 orang nelayan dan tiga unit perahu fiber guna meningkatkan hasil tangkapan ikan yang tahun ini ditargetkan 37 ribu ton.

"Tahun ini kami sudah berikan bantuan berupa mesin kapal kepada 15 orang nelayan dengan daya jelajah sebesar 12 PK dan tiga unit perahu fiber, hal ini dilakukan demi meningkatkan produktivitas hasil tangkapan nelayan," kata Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Padangpariaman Muhadek Salman di Lubuk Alung, Kamis.

Ia mengatakan, selama ini nelayan tangkap yang ada di Padangpariaman dalam mencari dan menjaring ikan hanya terbatas pada perairan dangkal saja.

"Dengan adanya bantuan mesin kapal dan perahu fiber ini tentu akan memudahkan para nelayan kita dalam menangkap ikan tak hanya terbatas pada perairan dangkal saja melainkan nanti juga sampai ke perairan dalam," katanya.

Menurut Muhadek, bantuan mesin kapal ini nantinya akan digilir kepada setiap nelayan yang ada di daerah Padangpariaman dan akan diprioritaskan untuk nelayan yang masuk kategori 'Rumah Tangga Sangat Miskin'.

"Demi pemerataan ekonomi diantara sesama nelayan kita akan beri bantuan mesin kapal ini secara bergiliran," ujarnya.

Ia menyebutkan bahwa bantuan mesin kapal dan perahu fiber ini memakai anggaran dari Kementerian Perikanan dan Kelautan RI sebagaimana yang sudah dianggarkan dalam Dana Alokasi Khusus (DAK).

"Kita berharap dengan adanya bantuan peralatan berupa mesin dan perahu fiber ini bisa dimanfaatkan secara optimal dan maksimal oleh para nelayan sehingga akan mampu meningkatkan produktivitas hasil tangkapan ikan di Kabupaten Padangpariaman ini," ujarnya. (cpw4)