Pemkab Padangpariaman Mulai Bangun Stadion Utama Sumbar

id pembangunan, stadion, utama, sumbar

Padang Pariaman, (AntaraSumbar) - Pemerintah Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) melalui Pemkab Padang Pariaman mulai melakukan pembangunan tahap awal dari stadion Utama Sumbar yang berlokasi di salah satu wilayah tersebut.

"Saat ini pembangunan stadion yang dipersiapkan untuk Pekan Olahraga Nasional 2025 tersebut sedang tahap pembangunan diperkirakan akan menghabiskan dana Rp 1,6 Triliun," kata Bupati Padang Pariaman Ali Mukhni, di Padang Pariaman, Senin.

Dia menyebutkan stadion utama Sumbar dibangun pada lahan seluas 38,5 Hektar yang terletak di Jalan lingkar Duku dan Sicincin, nagari Sikabu, Kecamatan Lubuak Aluang.

Yang mana lokasi tersebut katanya, merupakan daerah strategis karena berjarak 20 menit perjalanan dari Bandara Internasional Minangkabau.

Sehingga bila nantinya PON digelar di Sumbar, para atlet yang berasal dari luar daerah tidak perlu waktu lama untuk sampai di stadion, ucapnya.

"Sama seperti stadion lain, pembangunan stadion utama Sumbar juga mencakup pembangunan lapangan bola, lintasan atletik, ruang atlet, tempat duduk penonton dan infrastruktur lainnya," imbuhnya.

Dalam perkembangannya stadion utama Sumbar ini nantinya akan menjadi gelanggang utama di Sumbar menggantikan stadion lama seperti GOR Agus Salim di Padang, katanya.

"Meskipun demikian, lancar atau tidaknya pembangunan tersebut tergantung dana dan dukungan dari masyarakat khususnya di sekitar Padang Pariaman," ujarnya.

Sementara itu Wali Kota Padang Mahyeldi Ansharullah mengatakan bahwa adanya pembangunan infrastruktur semisal stadion di wilayah Padang, Lubuk Alung dan Pariaman dapat menjadi cikal bakal lahirnya kota metropolitan Palapa.

Dengan demikian nantinya ada kemungkinan pusat pemerintahan, perdagangan, pariwisata hingga sosial kemasyarakatan Sumbar akan berpusat di ketiga wilayah tersebut, sebutnya. (*)