Dharmasraya Lokasi Finis Etape III TdS 2015

id dharmasraya, finis, TdS

Dharmasraya Lokasi Finis Etape III TdS 2015

Sejumlah pebalap melewati rute Padangpanjang - Kota Solok, etape enam Tour de Singkarak 2014 di pusat kota Padangpanjang, Sumbar. (Antara/Iggoy el Fitra)

Pulau Punjung, (AntaraSumbar) - Kabupaten Dharmasraya akan menjadi lokasi finis etape III Tour de Singkarak (Tds) 2015, kata pejabat setempat.

"Direncanakan lokasi Finis akan dipusatakn di Arena Sport Center," kata Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi, Informatika, Pariwisata, dan Budaya Dharmasraya Akrial didampingi Kepala Seksi (Kasi) Pariwisata Yurnida Hs di Pulau Punjung, Kamis.

Ia menjelaskan, perencanan ini berdasarkan pada survei rute oleh pihak Kementerian Pariwisata bersama Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sumbar, pada 5 Juli dan 20 Agustus lalu.

"Rencana rute sudah ditetapkan, dalam minggu ini akan dilaporkan ke pihak Pemerintah Daerah untuk ditetapkan," ujar dia.

Berdasarkan hasil survei, lanjut dia, berikut rute yang akan dilalui peserta, seperti Nagari (Desa Adat) Pulau Punjung, Sikabau, Koto Tuo, Sitiung, Koto Padang, Sialang Gaung, Tarantang.

Kemudian, Simpang III, Koto Baru, Simpang Abai Siat, Simpang Empat Koto Baru, Koto Padang, dan Finish di Arena Sport Center.

Peserta TdS akan menempuh jarak sepanjang 260 kilometer, dan ini merupakan rekor etape terpanjang yang dilalui, kata dia.

"Etape ketiga merupakan etape terpanjang yang dilalui peserta, dari etape lainnya," kata dia.

Ia menambahkan, secara keseluruhan Dharmasraya siapa menjadi bagian untuk menyukseskan pelaksanaan TdS 2015.

Menurut dia, pelaksanaan TdS merupakan kesempatan bagi daerah untuk mengenalkan potensi d wisata ke mencanegara, karena kegiatan ini diikuti oleh berbagai Negara.

"TdS merupakan agenda internasional, untuk itu harus bisa dimanfaatkan," katanya. (cpw12)