PDIP Percaya Jokowi Ambil Kebijakan yang Tepat

id PDIP

Jakarta, (Antara) - PDI Perjuangan percaya bahwa Presiden Joko Widodo akan mengambil kebijakan yang tepat dan pemerintah pun akan mampu mengatasi berbagai persoalan yang terjadi terkait masalah perekonomian saat ini.

Sekjen DPP PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto kepada pers, di Jakarta, Jumat mengatakan PDIP percaya bahwa bangsa ini memiliki banyak pengalaman menghadapi persoalan yang jauh lebih berat sekalipun. Meskipun demikian, beberapa langkah konkret harus segera dijalankan oleh Pemerintah.

"PDIP mengingatkan pemerintah untuk terus menggerakkan sektor riil, mendorong tumbuh kembangnya pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah yang terbukti menjadi penyelamat krisis 1998. Sektor kerakyatan ini harus terus dipacu. Insentif pajak diberikan bagi seluruh kegiatan yang menciptakan lapangan kerja baru bagi rakyat," paparnya.

Pemerintah juga diminta segera duduk bersama dengan DPR sehingga seluruh dana cadangan fiskal, dana sosial, dan jika perlu melakukan realokasi anggaran untuk dipindahkan menjadi anggaran percepatan program padat karya di desa-desa. Hal ini penting untuk menjaga daya beli rakyat melalui cara-cara yang produktif.

"Di sisi lain, daya dorong ekspor harus ditingkatkan. Dalam masa penuh tantangan ini, ekspor mineral dan hasil pertambangan dibuka saja. Demikian halnya untuk CPO, pajak ekspor lebih baik dijadikan insentif untuk petani di sektor perkebunan," papar Hasto.

PDIP berharap agar rupiah sebagai simbol kedaulatan moneter harus dipergunakan secara luas untuk kontrak-kontrak ekspor dan seluruh transaksi nasional.

"Jadi demand terhadap rupiah juga akan meningkat oleh 'affirmative policy' tersebut," tuturnya. (*)